null

10 Manfaat Menarik dari Kunyit Putih bagi Kesehatan

Diposting oleh EK on 21st Dec 2019

Kunyit putih dalam bahasa latin Curcuma Zedoaria adalah salah satu tanaman kunyit yang ada di Indonesia. Dengan ciri daun tebal serta lebar , bentuk daunnya sedikit bundar dan agak lonjong dengan posisi tegak. Beberapa orang menyebut tanaman ini temu putih atau temu rapet.


Kunyit putih yang biasa kita kenal sebagai bumbu pelengkap makanan ataupun sebagai penghilang bau amis pada ikan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Zaman dahulu di China, Kunyit putih sudah dijadian sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Dari beberapa hasil penelitian kandungan unsur kimia dalam kunyit putih memiliki kekuatan untuk mencegah sel kanker dan tumor dalam tubuh.American Institute of Cancer melaporkan bahwa kunyit putih dapat menjadi pencegahan kanker. Kunyit putih (curcuma zedoaria) memiliki kandungan seperti Ribozom Inacting Protein, Zat Curcumin, Zat Anti Lipid Peroksida, dan Flavonoid Saponin. Apa manfaat dari masing-masing kandungan tersebut? Berikut penjelasan mengenai kandungan dari Kunyit putih:

Kandungan dari Kunyit Putih:

Ribozom Inacting Protein : Zat ini bermanfaat dalam pencegahan, merontokkan, dan menonaktifkan sel kanker.
Zat Curcumin : Dikenal sebagai anti inflamasi dimana zat ini dapat mengatasi inflamasi atau peradagangan.
Zat Anti Lipid Peroksida : Zat ini bermanfaat untuk membantu mengobati darah tinggi, asam urat, diabetes dan juga jantung koroner.
Flavonoid Saponin : Zat ini berfungsi sebagai immuno modulator boosting atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu tadi beberapa kandungan yang dimiliki oleh Kunyit Putih. Selanjutnya apa saja manfaat lengkap dari Kunyit Putih ini? Berikut ini 10 Manfaat Menarik dari Kunyit Putih bagi Kesehatan:

1. Mengatasi nyeri haid dan melancarkan haid

2. Sebagai zat anti radang
Dengan kandungan zat curcuminnya, kunyit putih dapat digunakan sebgai obat anti radang. Kandungan Curcumin bermanfaat untuk proses penyembuhan luka dan infeksi. Sehingga mampu mencegah kita terkena radang.

3. Menurunkan kadar gula darah
Dengan mengonsumsi kunyit putih mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita.

4. Mengobati asam urat dan rematik.
Kunyit putih bermanfaat untuk mengobati asam urat. Kandungan Zat Anti Lipid Peroksida mampu mengobati asam urat dan rematik.

5. Sebagai antioksidan
Kandungan minyak esensial dari kunyit putih dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.

6. Sebagai Antibakteri dan antijamur
Kunyit putih mampu mengurangi jumlah mikroba di mulut. Kondisi ini seperti obat kumur di pasaran, anda dapat menggunakan kunyit putih sebagai obat kumur. Ekstrak dari kunyit putih juga dapat menghambat aktivitas jamur dalam tubuh manusia.

7. Sebagai obat Anti Nyeri
Kunyit putih diyakini dapat mengatasi nyeri pada tubuh kita.

8. Sebagai penambah nafsu makan
Khasiatnya seperti temulawak. Kunyit putih juga membantu menambah nafsu makan. Hal ini sangat dianjurkan untuk anak yang susah makan atau bagi kalian yang ingin menambah berat badan.

9. Mengobati sakit maag
Maag terjadi karena pola makan yang kurang teratur. Penyebab lain seperti mengkonsumsi makanan yang memicu asam lambung. Atau ketika anda mengalami stres. Kunyit putih bisa menjadi solusi sakit maag. Dengan mengkonsumsi air rebusan kunyit putih maka akan mengurangi dampak buruk dari sakit maag yang anda alami.

10. Sebagai anti kanker
Manfaat utama dari kunyit putih adalah mencegah kanker atau menurunkan risiko terkena kanker. Dengan kandungan Ribosom Inacting Protein (RIP) yang akan bereaksi ketika adanya sel kanker yang berkembang dalam tubuh tanpa mengakibatkan kerusakan sel sehat lainnya dalam tubuh, kunyit putih berperan sebagai antikanker.