image/svg+xml image/svg+xml

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Diposting oleh EK on 25th Apr 2020

Mulai tanggal 24 April 2020, umat muslim di Indonesia melakukan ibadah puasa. Puasa berarti Anda harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Puasa dilakukan sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Dengan berpuasa, umat muslim diharapkan bisa meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dalam kondisi tertentu, puasa mungkin dapat menurunkan daya tahan tubuh apabila kita tidak mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang cukup pada saat sahur dan berbuka serta rekomendasi gaya hidup sehat lainnya. Lalu bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa? Simak beberapa tips dibawah ini

1. Memperhatikan nutrisi makanan saat Sahur dan Berbuka

Penting bagi kita untuk memerhatikan asupan nutrisi dari makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan bernutrisi termasuk sayur dan buah seperti kangkung, kentang, wortel, apel, anggur, ubi, dll. Makanan sehat dan mengandung vitamin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sehingga dapat tetap kuat menjalani ibadah puasa dan tetap sehat terhindar dari infeksi dan penyakit.

2. Minum air putih dengan cukup

Minum air putih yang cukup juga menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Untuk memenuhi asupan cairan ini, kamu bisa menerapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, dua gelas saat berpuka puasa dan empat gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, asupan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

3. Mengatur Jadwal Tidur

Waktu tidur kita saat bulan puasa pasti berubah, karena kita harus bangun untuk sahur pada dini hari. Oleh sebab itu mungkin kita tidak tidur setelah sahur sehingga jam istirahat berkurang. Dalam hal ini kita bisa mengatur jadwal tidur hingga total waktu tidur tetap sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa. Kita dapat tidur lebih awal setelah aktivitas selesai di malam hari, atau menambahkan tidur siang selama 30 menit. Kurang tidur akan melemahkan sistem imun dan membuat lemas sepanjang hari saat puasa. Sulit tidur? Bisa cek herbal untuk atasi gangguan sulit tidur

4. Kelola Stres

Stres merupakan bagian dari hidup yang mungkin tidak dapat dihindari, namun stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Cara mengatasi stres sangat beragam seperti olahraga, mendengarkan musik, meditasi, komunikasi dengan orang-orang,dll. Mengatasi susah tidur, kegelisahan dan stres dengan Sido Muncul Prostresa 30 Kapsul

5. Olahraga teratur

Waktu olahraga yang dianjurkan adalah 30 menit setiap hari, namun kita dapat menyesuaikan durasi, jadwal, dan jenis latihan apa yang cocok untuk puasa seperti jalan kaki atau joging. Serta, sebaiknya olahraga pada 30 menit sebelum berbuka puasa agar tubuh tidak dehidrasi.

Herbal untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Setelah mengetahui cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa, berikut ini adalah herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa:

Jahe

Jahe adalah obat herbal yang sudah digunakan sejak ratusan tahun. Jahe memiliki zat aktif bernama gingerol untuk berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan.

Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis rempah yang hampir ada sebagai bumbu di sebagian besar makanan lokal. Bukan hanya untuk menambah rasa dan aroma, bawang puting juga dapat membantu meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah tinggi, dan memperlancar fungsi organ tubuh lainnya.

Itu tadi cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa dan beberapa herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Salam sehat dari tim Oha.

Simak informasi dan tips lainnya disini