image/svg+xml image/svg+xml

Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Caranya?

Diposting oleh RK on 31st Jan 2020

Banyak orang percaya bahwa cuka apel bisa membantu menghilangkan jerawat. Tapi apakah hal itu betul?

Dikutip dari Healthline.com, cuka apel memang sedang populer di kalangan komunitas sehat karena sederet manfaatnya. Cuka apel dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko kanker. Mereka juga yang mengklaim bahwa cuka apel bisa membantu menghilangkan jerawat.

1. Cuka Apel Bisa Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat
Semua jenis cuka, termasuk cuka apel, dikenal punya kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus. Beberapa studi membuktikan bahwa cuka mampu menurunkan jumlah bakteri hingga 90 persen, untuk beberapa kasus malah hingga 95 persen. Studi lain menemukan bahwa kandungan asam dalam cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes atau P. Acnes. Cuka apel mengandung asam acetic, citric, lactic, dan succinic. Semua jenis asam itu telah terbukti mampu membunuh P. acnes. Sebuah studi menunjukan bahwa pengaplikasian asam-asam tersebut pada jerawat terbukti bisa membantu menghilangkan jerawat. Sebanyak 22 orang mengaplikasikan lotion asam lactic pada wajah mereka sebanyak dua kali sehari sepanjang tahun. Kebanyakan dari mereka mengalami penurunan jumlah jerawat secara signifikan, dan hanya dua orang yang mengalami penurunan jumlah jerawat kurang dari 50 persen. Berdasarkan studi tersebut, sangatlah mungkin untuk mengaplikasikan cuka apel pada kulit untuk mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

2. Bisa Mencegah Terjadinya Luka Bekas Jerawat

Selain bisa membantu menghilangkan jerawat, cuka apel juga ternyata bisa membantu menyamarkan bekas jerawat lho. Proses pengaplikasian cuka apel ini sama seperti proses peeling, yakni membantu menghilangkan bekas jerawat dengan mempercepat proses regenerasi kulit. Peeling dengan menggunakan asam succinic terbukti bisa mencegah terjadinya peradangan yang disebabkan oleh bakteri P. acnes. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya luka bekas jerawat.

3. Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat
Jika Anda tertarik untuk menghilangkan jerawat dengan cuka apel, tidak ada salahnya kok untuk dicoba. Namun, karena keasamannya yang tinggi, sebelum digunakan, Anda sebaiknya mencampur dulu cuka apel dengan air agar aman untuk kulit. Seperti apa langkah penggunaannya? Disimak ya!

1. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Jika punya kulit yang sensitif, Moms bisa menggunakan lebih banyak air.
2. Cuci muka dengan sabun muka, lalu keringkan.
3. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan campuran cuka apel ke jerawat.
4. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 5-20 detik, basuh wajah dengan air, lalu keringkan.
5. Ulang proses tersebut sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan jerawat dengan cuka apel. obatherbalpromo.com juga menyediakan cuka apel tahesta dengan kualitas terbaik yang sudah terbukti khasiatnya. Selamat mencoba :)