null
image/svg+xml

Daun Tempuyung, Tanaman Liar Penyembuh Batu Ginjal

Diposting oleh hnf on 26th Mar 2021

Sonchus arvenshis L atau yang lebih dikenal dengan tempuyung adalah salah satu tanaman tanaman liar yang sekarang ini mulai banyak dimanfaatkan bagian pohonnya sebagai ramuan obat. Tanaman tempuyung memiliki bentuk daun dengan bentuk memanjang dengan bagian ujung meruncing, tepinya bergelombang dan bergerigi. tempuyung dalam dunia medis dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat karena dipercaya dapat menghilangkan racun dan rasa panas yang ditimbulkan dan juga sebagai herbal peluruh batu ginjal.

Khasiat daun tempuyung sebagai obat herbal batu ginjal.

Semua khasiat yang terkandung dalam tempuyung khususnya sebagai obat batu ginjal tidak terlepas dari unsur-unsur kimia yang terdapat didalamnya. Zat dan senyawa dalam daun tempuyung diantaranya: saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol, dan juga kalium. Kandungan kalium dalam daun tempuyung cukup tinggi. Kalium merupakan salah satu zat yang bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal.

Suatu penelitian dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, berkenaan manfaat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal. Prof. Dr. Sarjito merendam beberapa batu ginjal yang sudah dikeluarkan dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35 derajat celcius. Dalam percobaan ini, sebagian rendaman batu ginjal digoyangkan menyerupai gerakan dalam tubuh, dan sebagian lagi didiamkan. Sesudahnya, batu ginjal ditimbang dan kandungan kalsium dalamnya diukur secara kimiawi. Hasilnya memuaskan karena seluruh batu ginjal percobaan berkurang bobotnya.

Selain sebagai obat batu ginjal, terdapat cukup beragam manfaat tempuyung lainnya. Salah satunya sebagai obat asam urat. Hal ini masih berkaitan erat dengan kemampuan tempuyung untuk melarutakan kristal urat dalam kasus batu ginjal. Penderita asam urat mengalami pengendapan kristal urat di pembuluh darah kapiler yang kerap menimbulkan nyeri menyakitkan di persendian.

Banyak manfaat yang didapatkan dari daun tempuyung yang sangat berguna bagi kesehatan. cara membuat ramuan obat herbal dari daun tempuyung juga sangat mudah yaitu dengan merebus daun tempuyung kemudian meminum air rebusan dari daun tempuyung tersebut. namun sekarang tersedia daun tempuyung yang lebih praktis berbentuk kapsul dari Sekar Utami Toga dengan produknya yaitu Sekar Utami Toga Tempuyung 45 Kapsul Obat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang

Sekar Utami Toga Tempuyung 45 Kapsul Obat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang

Sekar Utami Toga Tempuyung 45 Kapsul Obat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang merupakan salah satu obat herbal dari bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan sakit pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal. Dibuat dari tanaman obat tradisional tempuyung pilihan yang diproses secara modern dan higienis tanpa tambahan bahan kimia, serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Daun tempuyung mengandung kalium berkadar cukup tinggi. Kehadiran kalium dari daun inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat tercerai berai, karena kalium akan menyingkirkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa karbonat, oksalat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal. Endapan batu ginjal itu akhirnya larut dan hanyut keluar bersama urine.

Sumber: https://faktualnews.co/2018/07/26/manfaat-daun-tem...