null
Fakta tentang Klaim Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker

Fakta tentang Klaim Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker

Diposting oleh kdwnm on 19th Mar 2021

Beberapa tahun yang lalu, sempat beredar kabar heboh terkait manfaat kayu bajakah untuk kanker. Saking viralnya, tanaman ini sampai diburu banyak pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, yang jadi pertanyaan, benarkah kayu bajakah bisa mengobati kanker? 


Kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) adalah tanaman dari pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah yang telah lama digunakan suku Dayak untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di luar itu, tanaman ini belum pernah dibudidayakan karena belum banyak orang yang tahu mengenai manfaatnya. Karena sebuah penelitian, manfaat kayu bajakah untuk kanker mendapat ketenarannya dalam semalam. Setelah itu, manfaat kayu bajakah untuk penyakit lainnya mulai dieksplorasi oleh masyarakat untuk pengobatan tradisional.

Klaim tentang manfaat kayu bajakah untuk pengobatan kanker muncul ketika ada 3 pelajar SMA dari Indonesia yang meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, pada bulan Juli 2019. Dalam risetnya, ketiga pelajar tersebut menemukan bahwa kayu bajakah dapat mengobati kanker pada tikus putih. Hal ini diduga bisa terjadi karena kayu bajakah mengandung senyawa alami bernama flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antikanker. Meski penelitian ini berjalan dengan mulus, Kementerian Kesehatan RI meluruskan bahwa manfaat kayu bajakah untuk kanker pada manusia masih butuh penelitian lebih lanjut. Hal ini dilihat dari keterbatasan penelitian sebelumnya yang baru memperlihatkan efek kayu bajakah pada hewan.

Untuk bisa menggunakan sebuah obat baru dengan aman, obat tersebut harus melalui beberapa tahap uji klinis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui cara kerja, keampuhan, batas aman dosis obat, dan efek samping yang bisa ditimbulkan obat.

Manfaat Kayu Bajakah Lainnya bagi Kesehatan

Selain sebagai obat kanker, saat ini kayu bajakah sudah diteliti untuk beberapa manfaat lainnya, antara lain:

1. Menangkal radikal bebas

Senyawa fenolik yang terkandung dalam kayu bajakah diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Selain dapat menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga berperan penting dalam penyembuhan ,penyakit degeneratif seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovasikuler dan kanker.

2. Mencegah infeksi bakteri

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kayu bajakah juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli. Manfaat kayu bajakahini diduga juga berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kayu bajakah diduga dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan perdarahan pada luka. Hal ini karena senyawa saponin dan tannin yang terkandung dalam kayu bajakah diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Hal ini tentu akan mendukung proses penyembuhan luka.


Kini akar kayu bajakah yang sudah dikeringkan dapat dibeli di obatherbalpromo.com. Herbal Promo Akar Kayu Bajakah Kering 150g Obat Kanker Payudara, Tumor dan Kista merupakan salah satu obat herbal alami yang bermanfaat untuk mengobati kanker payudara, tumor, kista, dan penyakit dalam lainnya. Diracik dari akar kayu bajakah kalimantan pilihan dan berkualitas. Akar kayu bajakah sudah turun temurun digunakan oleh para leluhur ditanah kelahiran kalimantan karena dikenal dengan pohon mites/mistis. Dari hasil penelitian Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Eko Suhartono, akar bajakah mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker. Kandungan lain dalam akar bajakah yaitu saponin, alkoloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik. Diketahui, jumlah antioksidan dalam akar bajakah ini juga cukup tinggi. Produk Herbal Promo Akar Kayu Bajakah sudah kering dan siap seduh. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya. 

Herbal Promo Akar Kayu Bajakah Kering 150g Obat Kanker Payudara, Tumor dan Kista