null

Intip Khasiat Daun Keji Beling untuk Kesehatan

Diposting oleh kdwnm on 30th Apr 2021

Manfaat daun keji beling untuk kesehatan secara umum berasal dari kandungan flavonoid, polifenol, alkaloid, tanin, katekin, dan kafeinnya yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Namun, selalu ingat bahwa penggunaan tanaman obat harus didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

  • Mencegah efek radikal bebas

Siapa sangka bahwa salah satu manfaat daun keji beling adalah menangkal radikal bebas. Hal ini didukung oleh penelitian pada tahun 2000 yang menemukan bahwa kandungan antioksidan daun keji beling lebih tinggi dari vitamin E. Penelitian tersebut juga menganjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 5 gram ekstrak daun keji beling per hari dalam bentuk teh untuk menambah asupan antioksidan dan nutrisi dalam tubuh. Penelitian yang serupa di tahun 2010 ikut menyokong manfaat daun keji beling untuk mencegah radikal bebas dan bahkan tidak menemukan adanya zat beracun dalam daun keji beling. Antioksidan dalam daun keji beling dikaitkan dengan kandungan fenol yang tinggi dalam daun keji beling.

  • Mengobati luka

Salah satu manfaat daun keji beling, yaitu mengobati luka, sempat diuji coba dalam suatu penelitian. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 tersebut mendukung manfaat daun keji dalam menyembuhkan luka. Dalam penelitian tersebut, jus daun keji beling ditemukan mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus yang normal maupun yang menderita diabetes. Penelitian lain pada tahun 2011 juga menemukan hal yang serupa. Luka pada badan tikus yang dibalur ekstrak daun keji beling tampak lebih cepat sembuh dan bekas lukanya pun tidak selebar normalnya. Selain itu, luka yang ditutupi dengan ekstrak daun keji beling mengandung lebih banyak kolagen dan lebih sedikit sel-sel penyebab radang dibandingkan dengan tikus lain yang tidak diberikan ekstrak daun keji beling. Meski demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengetes khasiat daun keji beling yang satu ini.

  • Menekan risiko kanker

Daun keji beling juga dipercaya memiliki manfaat sebagai pengobatan antikanker. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa daun keji beling bisa mencegah pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Tidak hanya kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian pada tahun 2015 menyatakan bahwa kandungan flavonoid dalam daun keji beling bisa menghentikan perkembangan kanker usus besar pada tikus.

  • Kandungan antidiabetes

Menurut penelitian pada tahun 2006, teh yang terbuat dari kandungan daun keji beling mengandung antioksidan dan bisa mengurangi kadar gula darah pada tikus. Penelitian lain di tahun 2009 menemukan bahwa jus daun keji beling bisa menurunkan kolesterol pada tikus yang mengalami diabetes. Perlu diketahui bahwa penelitian lebih lanjut mengenai khasiat daun keji beling terhadap penyakit diabetes pada manusia masih diperlukan.

  • Menangani batu ginjal

Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam International Food Research Journal, daun beji keling telah digunakan sebagai obat herbal untuk menangani batu ginjal. Ekstrak Keji Beling kini terkandung dalam Borobudur Herbal Kejibeling 3 Botol @60 Kapsul Obat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang yang merupakan salah satu obat herbal yang bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal dan sakit pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal. Keji beling dibuat dari tanaman obat kumis kucing, keji beling, dan tempuyung pilihan berkualitas. Kandungan ortosifonin dan garam kalium di dalam kumis kucing merupakan komponen utama yang membantu larutnya oksalat dalam tubuh manusia, terutama dalam kandung kemih, maupun ginjal sehingga dapat mencegah terjadinya endapan batu ginjal. Kejibeling mengandung kalium yang membantu melarutkan oksalat dalam air seni. Tempuyung mempunyai efek diuretik sehingga dapat membantu luruhnya batu ginjal. Keji Beling dari Borobudur Herbal diolah secara higienis dan modern di bawah pengawasan herbalis profesional, dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.


Borobudur Herbal Kejibeling 180 Kapsul Obat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang