null

Jahe Merah, Komponen Penting dalam Mengatasi Masalah Pencernaan

Diposting oleh kdwnm on 13th Jan 2021

Jahe Merah, Komponen Penting dalam Mengatasi Masalah Pencernaan

Jahe merah, atau Zingiber officinale, merupakan tumbuhan yang berasal dari Cina. Jahe merah masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae, sama dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas. Sudah sejak lama jahe merah digunakan sebagai bumbu dapur. Selain untuk menambah cita rasa makanan, jahe merah juga sering dimanfaatkan sebagai obat. Ya, banyak orang percaya bahwa tumbuhan ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, mual, flu, dan pilek.



Jahe merah dapat digunakan dalam bentuk mentah, dikeringkan, sebagai minyak maupun jus. Bahkan ditambahkan ke dalam makanan yang telah diproses. Selain itu, formula jahe merah juga bisa ditemukan dalam kosmetik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dari zaman nenek moyang jahe merah telah banyak digunakan untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan. Contohnya sebagai obat alami mual dan muntah. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, dilakukan berbagai macam studi yang menemukan bahwa jahe merah ternyata sama efektifnya dengan obat anti-mual. Efektivitas jahe sebagai obat anti-mual dikaitkan dengan kemampuannya dalam memecah gas yang terdapat dalam saluran pencernaan. Para peneliti juga menemukan bahwa jahe mampu meningkatkan pengosongan lambung sekaligus kontraksi lambung bagian bawah secara efektif. Dengan demikian, jahe merah dapat berguna ketika pencernaan Anda sedang tidak lancar atau sering mengalami kembung maupun sakit maag, sehingga dapat meringankan gejalanya. Dalam sebuah penelitian, didapati bahwa konsumsi 1,2 gram jahe merah sebelum makan dapat mempercepat pengosongan lambung sebesar 50 persen. Tak hanya itu, bagi Anda yang mengalami mual disebabkan oleh kehamilan (terutama saat hamil muda), disarankan untuk rutin mengonsumsi jahe merah. 

Salah satu alasan mengapa jahe merah berkhasiat untuk kesehatan pencernaan adalah karena terdapat zat gingerol di dalamnya. Gingerol merupakan komponen utama dalam jahe merah, yang memiliki efek antioksidan dan mampu melawan peradangan. Wangi dan cita rasa jahe yang khas juga banyak didapatkan dari senyawa gingerol ini. Dengan kandungannya yang kaya akan antioksidan, jahe merah juga terbukti mencegah atau menghambat tumbuhnya sel kanker dalam berbagai tipe kanker. Salah satunya adalah kanker kolorektal.

Melihat banyaknya manfaat jahe merah untuk pencernaan, seperti untuk mengatasi mual saat kehamilan serta banyak lagi yang telah disebutkan, Anda tidak perlu ragu lagi dalam mengonsumsinya. Kini, ekstrak jahe merah telah hadir dalam produk Herbana Relief Sari Jahe Merah 60 Kapsul Antivirus Antioksidan Memelihara Kesehatan Pencernaan. Kunjungi obatherbalpromo.com untuk pemesanan.

Herbana Relief Sari Jahe Merah 60 Kapsul

source : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3122858/manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan-pencernaan.