null
image/svg+xml

Manfaat Daun Katuk, Perbanyak ASI Hingga Sembuhkan Berbagai Penyakit

Diposting oleh hnf on 19th Mar 2021

Daun katuk dikenal sebagai makanan untuk memperbanyak dan melancarkan air susu ibu (ASI). Para ibu menyusui biasanya mengonsumsi daun katuk dengan menjadikannya sebagai sayur berkuah atau lalapan. Daun katuk mengandung vitamin (A,B, dan C), lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, peneliti juga menemukan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Tak kalah dengan sayuran lainnya, daun katuk juga merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, energi, hidrat arang, abu, karoten, air, pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor.

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan ASI

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap ibu-ibu yang baru melahirkan dan menyusui bayinya bertujuan membuktikan khasiat daun katuk terhadap produksi air susu ibu.Ibu-ibu tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi suplemen ekstrak daun katuk dan kelompok kedua diberi plasebo.Suplemen daun katuk tersebut diberikan selama 15 hari sejak hari kedua atau ketiga parcamelahirkan, dengan dosis 300 mg sebanyak tiga kali per hari. Hasilnya, kelompok ibu menyusui yang mengonsumsi suplemen daun katuk mengalami peningkatan produksi ASI sebanyak 50,7% lebih banyak dibanding kelompok ibu menyusui yang diberi plasebo. Pemberian suplemen ini juga mengurangi jumlah ibu menyusui yang kurang ASI sebesar 12,5%.

2. Mencegah Osteoporosis

Daun katuk juga mengandung senyawa isoflavonoid. Senyawa inI memiliki fungsi menyerupai estrogen, sehingga bisa membantu dalam memperlambat berkurangnya massa tulang alias mencegah osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun katuk lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun katuk mengandung vitamin A yang tinggi sehingga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga Kesehatan kulit dan mencegah penyakit mata. Manfaat ini bisa di dapatkan apabila secara teratur mengonsumsi daun katuk yang sudah dimasak.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun katuk juga dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk dapat berfungsi efektif sebagai penutup luka yang kuat. Untuk mendapatkan manfaat daun katuk sebagai penyembuhan luka caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun katuk kemudian remas-ramas hingga halus, campur dengan sedikit air dan oleskan pada kulit tubuh yang terluka.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun katuk berikutnya ialah dapat mencegah hipertensi. Kandungan kalsium pada daun katuk mampu berperan penting dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, beberapa kandungan lainnya juga berfungsi efektif dalam menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung.

Daun katuk dapat diolah dengan berbagai cara seperti direbus ataupun dijadikan obat herbal. akan tetapi kini hadir produk dari Herbana yang lebih praktis yaitu Herbana Relief Sari Daun Katuk 60 Kapsul Melancarkan ASI. obat herbal ini iramu dari ekstrak daun katuk pilihan yang berkualitas. Deltomed Herbana Relief Sari Daun Katuk terbuat dari ekstrak tunggal tumbuhan yang diproses dengan menggunakan System Quadra Extraction sehingga ekstrak yang dihasilkan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin.

Dapatkan produk di obatherbalpromo.com

Herbana Relief Sari Daun Katuk 60 Kapsul Melancarkan ASI

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-daun-katuk...