image/svg+xml image/svg+xml

Manfaat Jahe Sebagai Pereda Gejala Masuk Angin

Diposting oleh EK on 20th Apr 2020

Tanaman jahe telah digunakan sejak dulu sebagai pengobatan. Hal ini tercantum dalam salah satu buku pengobatan pada jaman Yunani, Romawi, dan Arab.

Manfaat Utama Jahe:

  • Respiratory conditions

Jahe memeiliki efek yang menghangatkan dan melegakan saat batuk, demam, flu, dan masalah pernafasan lainnya.

  • Circulatory stimulant

Jahe dapat merangsang sirkulasi peredaran darah, sehingga penting untuk pengobatan bengkak dan gatal-gatal serta memperbaiki sirkulasi darah ke arah tangan dan kaki. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, jahe dapat menormalkan tekanan darah. Selain itu, jahe juga meningkatkan jumlah keringat yang keluar dari tubuh dan membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

  • Untuk masalah pencernaan

Jahe merupakan herbal yang baik digunakan untuk beberapa keluhan pencernaan, mual, kembung, dan kolik.Jahe juga dapat meredakan motion sickness (mabuk saat perjalanan) dan morning sickness (mual pada awal kehamilan).

Namun khasiat yang disetujui oleh Commision E Monographs atau lembaga yang diakui secara Internasional di Jerman yang sudah melakukan studi literatur terhadap khasiat dari 300 jenis tanaman obat adalah untuk meningkatkan nafsu makan, mabuk perjalanan, dan gangguan pencernaan.

Penelitian pada Jahe

  1. Tejasari dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan Fransiska Rungkat dari Teknologi Pangan dan Gizi IPB melakukan penelitian mengenai efek antioksidan senyawa oleoresin jahe. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi oleoresin, gingerol, dan shogaol dari Jahe, maka semakin besar penurunan kadar malondialdehida limfosit, yaitu senyawa yang dapat dijadikan indikator secara tidak langsung terhadap kerusakan oksidatif.
  2. Penelitian lain dilakukan oleh Shanti dkk., dari UPM, Serdang, Selangor mengenai efek ekstrak jahe terhadap kondisi membran synovial, cartilago, dan rasa sakit pada tikus yang telah diinduksi osteoarthritis. Dengan penggunaan ekstrak jahe dapat mengurangi erosi cartilago dan lapisan permukaan pada sendi. Penelitian berakhir pada kesimpulan bahwa ekstrak jahe memiliki efek menghilangkan/mengurangi rasa sakit pada sendi pada penderita osteoarthritis.
  3. Pada beberapa literatur resmi di sejumlah negara, disebutkan bahwa jahe sangat bermanfaat bila digunakan sebagai obat anti mual, suplemen saat batuk dan flu, berfungsi sebagai karminatif, stimulan, bahkan untuk flavor dalam beberapa sediaan makanan. Produk-produk yang menggunakan ekstrak jahe terstandarisasi telah disetujui masuk dalam kategori obat bebas untuk pencegahan rasa mual dan pusing, di Jerman, Swiss, Austria, dan Finlandia.

Meredakan Masuk Angin dengan Borobudur Herbal Jahe 100 Kapsul

Borobudur Herbal Jahe 100 Kapsul merupakan obat herbal alami yang sangat efektif untuk membantu meredakan masuk angin. Diramu dari ekstrak jahe pilihan yang berkualitas. Jahe mengandung Zingiberene, Curcumene, Sesquiphellandrene, dan Bisabolene yang berkhasiat mencegah antimuntah dan antiradang. Jahe dari Borobudur Herbal diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.