null

Manfaat Kesehatan Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol

Diposting oleh EK on 29th Aug 2020

Daun kelor merupakan tanaman dengan segudang manfaat yang berasal dari suku Moringaceae, Kelor (Moringa oleifera). Pohon kelor juga menghasilkan buah kelor berbentuk seperti kacang panjang namun lebih keras, yang disebut kelentang. Baik daun maupun buahnya dapat dimasak dan dijadikan sayur. Selain ukurannya yang kecil, daun kelor juga memiliki bentuk oval dan bertangkai. Tinggi pohon bisa mencapai 11 meter dengan ujung-ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning beraroma semerbak.

Daun kelor memiliki kandungan sebagai berikut:

Vitamin C 

Daun kelor ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi di bandingkan dengan daun jeruk. Kandungan Vitamin ini lebih banyak 7 kali lipat dibandingkan dengan daun jeruk dan juga tomat. Kandungan vitamin ini sangat bagus untuk tubuh karena dijadikan sebagai antioksidan. Fungsi dari antioksidan ini adalah untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Potassium 

Kandungan vitamin kedua adalah potassium. Kandungan ini sanga baik untuk kesehatan otak dan syaraf. Mengenai potassium mungkin Anda hanya mengenal buah pisang. Ternyata daun kelor memiliki kandungan yang tinggi 2 kali lipat dibandingkan dengan buah pisang.

Vitamin A

Selain mengandung vitamin C, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A sangat membantu dalam kaitan dengan mata, merawat kulit, mengatasi penyakit diare. Kalau Anda hanya mengenal wortel sebagai pemilik vitamin yang cukup tinggi. Anggapan itu salah sebab daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang jauh lebih tinggi. Tentu dengan kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Herbal untuk kesehatan mata

Kalsium 

Selain kandungan diatas, daun kelor juga memiliki kandungan lain yaitu kalsium. Kalsium ini tentu baik untuk proses metabolisme dalam tubuh kita. Kandungan kalsium ini lebih tinggi dibandingankan dengan daging sapi. Sehingga, jangan ragu untuk mengonsumsi daun kelor sebagai salah satu obat.

Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol

Sebelum mengetahui manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar kolestrol, kita perlu ketahui apa sih kolesterol itu? Kolesterol adalah lemak yang berada dalam aliran darah atau sel tubuh. Kolesterol dibagi menjadi 2, yaitu : Kolestrol baik (HDL) yang berguna untuk cadangan metabolisme tubuh dan Kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan munculnya beberapa penyakit. Baca Manfaat Daun Sukun sebagai Obat Herbal Kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kadar kolestrol yang tinggi dapat menumpuk pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah dalam vena, yang merupakan penyebab tersering munculnya penyakit jantung koroner dan stroke. Lihat juga Obat Herbal Stroke

Hasil penelitian terhadap daun kelor membuktikan adanya pengaruh ekstrak daun kelor terhadap penurunan kadar kolesterol pada tikus uji coba. Hipotesa yang muncul memunginkan efek tersebut merupakan peran dari senyawa bio aktif, sitosterol pada daun kelor. Peran sitosterol atau disebut juga beta sitosterol ini mampu meningkatkan fungsi usus dalam menyerap lemak atau kolesterol sehingga kadar kolesterol yang beredar dalam darah dapat diturunkan. Hal itu dapat mencegah perubahan VLDL menjadi LDL atau lemak jahat.

Cara Menggunakan Daun Kelor untuk Obat Penyakit Kolesterol

Dimakan sebagai Sayur

Cara pertama untuk menggunakan daun kelor untuk penyakit kolesterol adalah dengan dijadikan sayur. Sayur ini sini adalah dengan ditumis dan ditambahkan dengan berbagai bahan lainnya. Namun, tetap memerhatikan kandungan gula dan bahan penyedap bumbu lainnya. Tumis ini dapat dikonsumsi dengan nasi atau dimakan langsung.

Dibuat Campuran Salad Buah

Bagi Anda yang menyukai salad buah dapat juga menambahkan daun kelor pada salad anda. Tidak hanya mengenyangkan, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk penderita kolesterol. Selain enak juga alami dan herbal.

Diminum/ diseduh sebagai teh

Cara untuk dijadikan seduhan ini cukup mudah. Daun kelor di keringkan, hingga benar-benar kering. Setelah itu dicampur dengan air panas lalu diseduh. Diminum secara rutin akan membantu dalam mengobati penyakit kolesterol dan menghilangkan gejala vertigo.

Dijadikan Jus 

Untuk memanfaatkan daun kelor sebagai obat juga dapat dilakukan dengan dijadikan jus. Tentu bagi Anda yang menyukai jus sangat bagus. Sebab kandungan dari daun kelor ini akan bertambah tinggi disertai dengan buah lainnya.

Obat Herbal Promo juga menyediakan obat herbal berbahan dasar daun kelor yaitu Herbal Promo Teh Daun Kelor 80g. Herbal Promo Teh Daun Kelor merupakan salah satu teh herbal alami yang bermanfaat untuk mengatasi kolesterol, darah tinggi, anti kanker, dan memelihara kesehatan tubuh secara alami. Produk Herbal Promo Teh Daun Kelor diproses secara modern dan higienis, serta sudah aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.



Sumber:
https://halosehat.com/penyakit/kolesterol-tinggi/c...
https://manfaat.co.id/manfaat-daun-kelor-untuk-kol...