null

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal Asam Lambung

Diposting oleh EK on 8th Feb 2020

Kunyit merupakan tanaman herba yang berupa semak dengan tinggi mencapai 70 cm. Rimpang yang satu ini mungkin sudah kalian kenal karena sering ditemui di daput sebagai salah satu bumbu masakan. Curcuma domestica atau kita kenal dengan kunyit ini masih satu famili dengan jahe, yaitu famili Zingiberaceae. Kunyit memiliki ciri batang semu, tegak, dan berwarna hijau kekuningan. Dengan daun berbentuk tunggal, lanset memanjang, pertulangan daun menyirip, dan berwarna hijau pucat. Bunga majemuk, berwarna putih kekuningan dan sedikit berwarna hijau muda ketika baru muncul. Rimpang kunyit berwarna jingga keckelatan di bagian luar dan jingga terang agak kekuningan di bagian dalamnya. Di Indonesia, jenis kunyit yang paling terkenal dan paling banyak digunakan yaitu jenis Curcuma domestica Val, Curcuma domestica Rumph, Curcuma longa Auct, Curcuma longa Linn, dan Amomum curcuma Murs.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Kunyit memiliki kandungan nutrisi yang berupa zat aktif dan vitamin seperti Natrium deklofenak, Piroksikam, Fenil butason, Antioksidan, Serat, Karbohidrat, Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, Lesitin, Amprotab, Mg- stearat, dan Nepagin. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kunyit sebagai Obat Herbal Maag dan Asam Lambung

Penyembuhan sakit maag dan asam lambung juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka (tukak). Beberapa tanaman yang telah banyak diteliti untuk penyembuhan tukak lambung adalah kunyit, lidah buaya, selasih, dan komamila. Selain itu ada beberapa tanaman yang secara empiris digunakan sebagai obat sakit maag, walaupun data ilmiahnya masih belum ada. Diantaranya kencur, cincau, dan meniran.
Dari semua tanaman itu, rimpang kunyit termasuk yang paling dikenal masyarakat. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit mampu menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.
Kurkumin pada kunyit secara efektif dalam mencedah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Kurkumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas tukak lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. Oleh karena itu, penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Baca juga 10 Manfaat Menarik dari Kunyit Putih bagi Kesehatan


Ramuan Kunyit sebagai Obat Herbal Maag dan Asam Lambung

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat herbal maag/ asam lambung yang anda perlu menyiapkan 2 rimpang kunyit. Cuci, kupas dan bersihkan. Kemudian diparut, lalu ditambah air matang. Setelah itu diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil air beningnya. Konsumsi ramuan ini sehari 2 kali. Minum di pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Obat Herbal Promo juga menyediakan obat herbal asam lambung dengan bahan dasar Kunyit. Sido Muncul Sari Kunyit 50 Kapsul Obat Asam Lambung merupakan salah satu suplemen herbal alami yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan lambung dan mengatasi maag. Sari Kunyit diracik dari herbal tradisional ekstrak kunyit pilihan berkualitas. Kunyit mengandung minyak atsiri dan curcuminoid yang bekerja memperbaiki sistem pencernaan. Kunyit juga mengandung Caffeic acid yang dapat merangsang semangat, sebagai penyegar, mengurangi rasa lelah dan antiradang. Di Jepang dan Amerika kunyit telah dimanfaatkan secara luas sebagai food supplement untuk mencegah gangguan lambung dan hati yang disebabkan minum-minuman beralkohol dan merokok. Produk Sido Muncul Sari Kunyit diproses secara modern dan higienis serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.