null

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Tubuh

Diposting oleh RK on 12th Oct 2019

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan minyak kelapa murni atau minyak kelapa dara yang lebih dikenal dengan virgin coconut oil, biasa disingkat VCO. Jenis minyak kelapa yang satu ini dipercaya memiliki manfaat lebih dari jenis minyak kelapa lainnya. Apa saja manfaat VCO untuk kesehatan? Apa sebenarnya yang membedakan VCO dengan minyak kelapa lainnya?

Perbedaan VCO dan Minyak Kelapa

Virgin coconut oil memang berbeda dari minyak kelapa biasa. Minyak kelapa biasa diambil ekstraknya dari kelapa yang sudah dikeringkan (dijemur) atau biasa disebut dengan kopra, sedangkan virgin coconut oil diambil dari santan kelapa segar.

Proses ekstraksi minyak kelapa biasa jauh lebih sederhana dan juga melibatkan bahan kimia, sedangkan proses ekstraksi VCO sedikit lebih rumit. Penampakan dari kedua minyak ini juga berbeda. Minyak kelapa biasa warnanya lebih gelap dan sudah kehilangan aroma kelapanya. Virgin coconut oil teksturnya lebih encer, warnanya lebih bening, dan memiliki aroma kelapa.

Proses ekstraksi yang lebih rumit dan juag manfaat yang lebih banyak dari virgin coconut oil, membuat harga VCO juga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa.

Manfaat VCO untuk Kesehatan

Virgin coconut oil dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan manfaat VCO dengan cara mengonsumsinya secara langsung. VCO kaya akan asam lemak, vitamin E, serta mengandung banyak mineral yang tidak dapat ditemukan dalam minyak kelapa biasa. Berikut adalah beberapa manfaat VCO yang wajib Anda ketahui:

1. Menaikkan kadar kolesterol baik

Manfaat VCO yang pertama adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Kolesterol sering dihubungkan dengan berbagai penyakit, padahal tidak semua kolesterol itu jahat. Kolesterol yang dibawa oleh protein dalam darah disebut dengan lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yaitu HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik dan juga LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

VCO bertugas untuk meingkatkan kadar HDL dalam darah. Selain mampu menaikkan HDL, VCO juga bisa merubah LDL agar menjadi tidak terlalu berbahaya. Kolesterol jahat sering kali dihubungkan dengan sistem metabolisme tubuh dan juga penyakit jantung.Kemampuan dari virgin coconut oil yang terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya

Manfaat VCO selanjutnya adalah dapat melndungi tubuh dari berbagai mikroorganisme berbahaya. Salah satu kandungan terbesar dari virgin coconut oil adalah asam lemak baik. Setengah dari kandungan asam lemak VCO merupakan asam laurat. Senyawa ini akan berubah menajadi monolaurin ketika dicerna tubuh.

Monolaurin dan juga asam laurat adalah zat yang mampu untuk membasmi berbagai jenis patogen berhahaya mulai dari virus, bakteri, hingga jamur. Dengan fungsinya yang mampu untuk mencegah infeksi dari berbagai bakteri, virus, dan jamur, bisa dikatakan bahwa virgin coconut oil baik untuk meningkatka sistem kekabalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat VCO selanjutnya adalah mampu untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat VCO yang satu ini adalah salah satu manfaat yang paling sering disebut-sebut. Virgin coconut oil bisa membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara.

Pertama, virgin coconut oil dipercaya dapat meningkatkan proses pembentukan energi dengan cara membakar kalori lebih banyak. Selanjutnya virgin coconut oil juga dipercaya dapat membuat kesan kenyang yang lebih lama sehingga membuat Anda dapat menahan nafsu makan.

Menurunkan konsumsi lemak dalam makanan dan menggantikannya dengan dua sendok makan VCO setiap hari dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan Anda sedikit demi sedikit.

4. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat VCO lainnya adalah baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Beberapa manfaat VCO untuk sistem pencernaan antara lain adalah untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar, mengobati tukak lambung, iritasi pada usus, dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Virgin coconut oil juga tentunya mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan juga jamur.

5. Ketogenic diet

Diet keto atau ketogenic diet adalah diet dengan konsumsi rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Ketiak mendengar kata diet, tentunya Anda akan langsung fokus pada program penurunan berat badan. Tetapi berbeda dengan diet lainnya, diet keto memiliki manfaat lain dari sekedar menurunkan berat badan.

Ketika menjalani diet keto, tubuh akan masuk dalam keadaan ketosis, dan terciptalah senyawa yang disebut dengan keton. Senyawa keton ini memiliki banyak manfaat seperti mengantikan glukosa menjadi sumber energi bagi otak, melindungi sel otak dari kerusakan, dan juga mencegah gangguan saraf.

Manfaat dari senyawa keton ini pun membuat diet keto baik untuk meringankan gejala epilepsi pada anak, meringankan gejala penyakit Alzheimer, hingga mencegah kerusakan saraf. Virgin coconut oil bisa menjadi salah satu asupan lemak terbaik ketika Anda menjalani diet keto.

6. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan mulut terkadang sering diabaikan sehingga muncullah berbagai gangguan seperti sakit gigi hingga bau mulut. VCO dipercaya dapat membasmi berbagai bakteri di mulut yang mungkin menyebabkan gangguan mulut. Menggunakan VCO sebagai obat kumur akan meningkatkan kesehatan gigi dan juga menghilangkan bau mulut.


Obatherbalpromo.com juga menyediakan berbagai produk virgin coconut oil yang terjamin kualitasnya.

Griya Herba Primavico Minyak VCO 120 ml dan Griya Herba Primavico 60 Kapsul.

Griya Herba Primavico Minyak VCO 120 ml Memelihara Kesehatan Tubuh merupakan minyak kelapa murni (VCO/Virgin Coconut Oil) yang didapatkan dari kelapa segar yang diolah secara higienis sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) didapatkan dari hasil ekstraksi buah kelapa segar (cocos nucifera fructus) tanpa bahan kimia atau dengan suhu tinggi. Cara demikian digunakan agar kandungan alaminya seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Minyak kelapa Primavico mengandung asam laurat tinggi yang bermanfaat mengatasi beragam masalah kesehatan seperti osteoporosis, kolesterol, HIV, hepatitis, penyakit gula (diabetes), virus jantung coroner, hepatitis, berat badan berlebih, kanker, dan influenza. Dalam tubuh manusia, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monogliserida yang mampu menghancurkan lapisan lipid virus, seperti HIV, herpes, influenza, dan bakteri berbahaya yang lain. Produk Primavico VCO 120 ml dari Griya Herba diproses secara modern dan higienis dengan menerapkan standar CPOTB, serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Griya Herba Primavico 60 Kapsul Obat Kolesterol dan Diabetes merupakan obat herbal alami yang secara tradisional bermanfaat untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dan menurunkan kolesterol. Diolah dari minyak kelapa tanpa pemanasan dan dengan beberapa kali tahap penyaringan hingga diperoleh minyak yang jernih dan menghasilkan kualitas yang sempurna. Minyak vco sudah dikenal secara turun temurun memilki banyak khasiat, diantaranya yang paling utama yaitu menjaga stamina dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, ampuh menurunkan kolesterol darah, dan menyembuhkan diabetes mellitus (Kencing Manis). Produk Primavico dari Griya Herba diproses secara modern dan higienis dengan menerapkan standar CPOTB, serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.