null

Mengenal Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Diposting oleh EK on 20th Nov 2020

(Sumber gambar: Herbana Relief Sari Kayu Manis)

Kayu manis (Cinnamomum verum) adalah pohon penghasil rempah yang membuat makanan menjadi terasa lebih sedap dan memiliki banyak nutrisi penting yang berkhasiat obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Seperti saat ini, kayu manis dijadikan sebagai bahan baku utama pembuatan sirup kayu manis yang nikmat dan berkhasiat. Kayu manis memiliki aroma yang wangi dan rasanya yang manis pedas. Lebih populer sebagai bumbu dapur, kayu manis merupakan jenis bumbu dapur yang paling tua yang telah dimanfaatkan sejak jaman Mesir Kuno.

Kulit kayu manis mempunyai rasa pedas dan manis, berbau wangi,dan bersifat hangat. Kayu manis mengandung beberapa bahan kimia diantaranya yaitu minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Efek farmakologis yang dimiliki kayu manis yaitu sebagai peluruh kentut, peluruh keringat, antirematik, penambah nafsu makan, dan penghilang rasa sakit.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:

  1. Menurunkan Gula Darah
    Kandungan antioksidan dalam kayu manis berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, triglycerides, kolesterol buruk dan kolesterol total, memperbaiki respon insulin pada penderita diabetes, serta melancarkan pencernaan.
  2. Mengontrol Kadar Kolesterol
    Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan mineral yang sangat membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus, melancarkan pencernaan, mengobati konstipasi atau diare, menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.
  3. Mengatasi Penyakit Kanker
    Kayu manis memiliki kandungan mineralnya yang mampu mengurangi proliferasi sel kanker sekaligus efektif dalam mengatasi dan mengobati penyakit kanker.
  4. Mengatasi Nyeri Rematik dan Arthritis
    Kayu manis juga memiliki kemampuan dalam menekan sitokin yang berhubungan dengan rasa nyeri rematik dan menghilangkan rasa sakit pada penferita arthritis.
  5. Mengatasi Peradangan dan Penggumpalan DarahKandungan arachidonic dalam minyak dari kayu manis berkhasiat dalam mencegah penggumpalan darah dan mengurangi peradangan.
  6. Mengatasi Sakit Maag
    Bersifat anti infeksi natural membuat kayu manis sangat berkhasiat dalam melawan bakteri H. Pylori yang menjadi penyebab sakit maag maupun berbagai jenis penyakit berat lainnya.
  7. Meningkatkan Fungsi Otak
    Penelitian memperlihatkan fakta menarik bahwa orang yang mencium bau kayu manis ternyata mampu merangsang proses kognitif otak dan meningkatkan konsentrasi maupun daya ingat.
  8. Anti Bakteri dan Anti Jamur
    Sebagai anti bakteri dan mikroba membuat kayu manis juga banyak digunakan untuk mengawetkan makanan secara alami. Dalam hal ini kayu manis berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyerang tubuh manusia, termasuk bakteri E. coli yang dikenal ganas dan berbahaya untuk kesehatan.
  9. Mengatasi nyeri haid
    Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang berkhasiat dalam menekan rasa nyeri saat haid maupun untuk mengatasi dan mengobati masalah infertilitas atau ketidaksuburan.
  10. Mengatasi Demam dan Flu
    Sejak dulu, kayu manis sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengatasi demam dan penyakit flu karena mampu menghangatkan tubuh.

Mengatasi Kencing Manis dengan Herbana Relief Sari Kayu Manis

Selain rasanya yang lezat, kayu manis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Senyawa fenolik yang ditemukan di dalam ekstrak kayu manis membantu menjaga kadar gula darah agar tetap sehat dan melancarkan peredaran darah. Mempertahankan kadar gula dalam darah tetap sehat itu sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sirkulasi darah yang lancar, dan sistem saraf yang berfungsi dengan baik. Herbana Relief Sari Kayu Manis 60 Kapsul bermanfaat untuk membantu meringankan gejala kencing manis/diabetes dan melancarkan peredaran darah.

Sumber Referensi:

Arianto, Yusuf CK. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Venom publisher
Hariana, H. Arief. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2. Jakarta: Penebar Swadaya