image/svg+xml image/svg+xml

Penyebab Nyeri Haid Berlebihan

Diposting oleh RK on 8th Feb 2020

Apa sih penyebab NYERI HAID berlebihan yang sering kalian alami?

Nyeri haid yang berlebihan memang kerap membuat Anda terganggu dalam beraktifitas, hal ini disebabkan oleh kontraksi rahim, yang dimana rahim mengalami kondisi mengencang dan melemas sehingga darah luruh dari rahim. Lapisan rahim melepas zat kimia khusus yang disebut prostaglandin. Prostaglandin adalah zat dengan struktur kimia menyerupai hormon, perannya terbilang penting karena prostaglandin dibutuhkan dalam sistem reproduksi serta proses penyembuhan luka. Ketika zat kimia ini dilepas dari dinding rahim, kekuatan kontraksi pun bertambah. Hal ini biasanya terjadi selama berhari-hari pada saat wanita mengalami masa menstruasi nya. Kadar prostaglandin yang tinggi dapat menyebabkan rasa nyeri pada perut dan kram yang cukup parah. Meskipun rasa nyeri saat menstruasi terkadang tidak teridentifikasi, namun ada juga beberapa hal yang membuat Anda lebih berisiko mengalami rasa sakit pada saat menstruasi, seperti :

  • Perempuan di bawah usia 20 tahun (Semakin menua usianya, semakin berkurang rasa nyerinya)
  • Memiliki keluarga dengan riwayat mengalami nyeri pada saat menstruasi
  • Merokok
  • Pendarahan berat ketika menstruasi
  • Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Tidak atau belum memiliki anak
  • Mengalami masa pubertas dini (pubertas sebelum umur 11 tahun)


Gejala apa sih yang mungkin dialami bersamaan dengan NYERI HAID?

Rasa nyeri perut pada saat haid, baik yang berat maupun yang ringan, dapat disertai dengan beberapa gejala berikut.
Diantaranya :

  • Mual
  • Muntah
  • Berkeringat
  • Pusing
  • Diare
  • Sembelit
  • Perut kembung
  • Sakit kepala
  • Rasa seperti melayang


Lakukanlah cara yang tepat dan akurat untuk mengatasi NYERI HAID!

1. Kompres Perut Anda Dengan Air Hangat
Mengompres perut pada bagian bawah dengan menggunakan air hangat dapat membuat otot di sekitar abdomen lebih relaks, sehingga dapat mengurangai atau menyembuhkan rasa nyeri yang muncul pada saat haid. Cara mengompres ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan handuk dan botol. Bila menggunakan handuk kecil, Anda harus membasahi atau merendam handuk kecil tersebut ke dalam air hangat, kemudian diperas dan ditempelkan di perut bagian bawah. Sementara menggunakan botol lebih praktis, yaitu cukup isi botol dengan air hangat kemudian langsung ditempelkan ke bagian perut bagian bawah.

2. Minumlah Air Hangat
Saat sedang haid, tubuh sedang mengeluarkan lebih banyak cairan dari pada biasanya sehingga hal ini perlu diseimbangkan dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Untuk memberikan rasa yang lebih nyaman pada bagian perut yang nyeri, sebaiknya konsumsilah air hangat.

3. Jagalah Pola Makan Agar Tetap Teratur

Sebagian wanita yang sedang haid pasti sering mengalami penurunan nafsu makan sehingga ada saja yang tidak makan. Padahal ini tidak baik untuk kesehatan dan justru akan menimbulkan penyakit lainnya. Walau begitu, tetaplah atur pola makan dengan baik. Bila perlu usahakan mengonsumsi sedikit makanan tapi dalam frekuensi yang relatif sering. Dengan begitu akan menjaga keseimbangan kerja organ tubuh Anda, sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

4. Konsumsilah Asupan Makanan & Minuman Bergizi
Sering kali kebanyakan wanita tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat haid. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan, bahkan hanya akan memperburuk kondisi kesehatan. Mulailah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dengan yang bergizi.Pada makanan, hindari makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, mengandung banyak MSG dan bahan pengawet lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan yang dapat dipercaya mengurangi rasa nyeri, yaitu nanas, brokoli, pisang, ikan salmon, bayam, ayam tanpa lemak dan dark chocolate. Sementara pada minuman, hindarilah minuman yang mengandung alkohol, soda dan kopi. Konsumsilah minuman yang bagus untuk kesehatan sehingga nyeri dapat berkurang atau hilang, seperti susu, yogurt, minuman jahe dan lemon hangat serta minuman teh herbal.

5. Lakukanlah Olahraga Ringan
Rasa nyeri yang tidak tertahankan terkadang memang membuat seseorang tidak sanggup untuk melakukan banyak aktifitas. Namun, dengan melakukan olahraga ringan sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh. Lakukanlah pergerakan-pergerakan kecil untuk peregangan tubuh dalam waktu yang cenderung rutin. Dengan begitu rasa nyeri pada perut ketika haid akan hilang secara perlahan.

6. Mengkonsumsi Obat Nyeri Haid
Jika dirasa Anda sudah tidak kuat lagi untuk menahan rasa nyeri, konsumsi obat pereda nyeri juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jangan sembarang untuk membeli obat tersebut. Minumlah Herbana Menstrual Comfort Obat Pereda Nyeri Herbal yang secara tradisional digunakan untuk MEMBANTU MELANCARKAN HAID dan MEREDAKAN RASA NYERI pada saat HAID.


7. Segera Periksakan Lanjut Ke Dokter
Jika Anda selalu merasakan rasa nyeri yang hebat disetiap haid dan tak kunjung reda, segeralah lakukan pemeriksaan berlanjut ke dokter. Tujuannya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana kondisi rahim yang sebenarnya, apakah masih dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Dengan begitu, menjadi lebih tahu penanganan atau solusi seperti apa yang harus dilakukan selanjutnya agar tidak lagi mengalami rasa nyeri.