null

Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Diposting oleh EK on 14th Aug 2020

Pernahkah kalian mengalami sariawan? Apa saja faktor penyebab sariawan dan solusi mengatasinya? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Sariawan merupakan sebuah kondisi dengan satu atau beberapa luka yang nyeri pada bagian dalam bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, atau tenggorokan yang mengganggu saat makan, seperti luka berbentuk kawah.

Penyebab Sariawan

  • Sariawan dapat disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari beberapa kondisi berikut:
  • Cedera, seperti karena tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi
  • Kurangnya kebersihan mulut
  • Sisa-sisa kotoran yang masih menempel di dalam mulut menjadi salah satu penyebab kuman berkembang biak. Akibatnya terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan sariawan. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  • Penyakit autoimun, seperti lupus
  • Kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik

Terkadang, sariawan bisa jadi menandakan adanya tumor atau kanker di mulut dan lidah. Kondisi ini patut dicurigai jika sariawan yang muncul tak kunjung sembuh.

Pencegahan Sariawan

  • Menggosok gigi secara rutin dan benar dan berkumur menggunakan penyegar mulut
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti sayuran dan buah-buahan
  • Menjaga pola makan sehat. Hindari makan makanan yang terlalu asam dan pedas

Mengatasi Sariawan dengan Alangsari dari Sido Muncul

Sariawan menimbulkan rasa perih yang membuatmu tidak nyaman, terutama saat makan atau minum. Sebenarnya cara meredakan sariawan tidak sulit, kamu bisa meredakan dengan pereda sariawan yang memiliki kandungan formula anti bakteri, antiseptik, dan anti inflamasi. Ketiga bahan tersebut berkhasiat meredakan sariawan dengan mudah dan cepat. 

Sido Muncul menghadirkan produk alami khusus untuk meredakan sariawan dengan cepat yaitu Alangsari Plus. Alangsari Plus tersedia dalam tiga varian yaitu Alangsari Plus Jeruk Manis, Alangsari Plus Jeruk Nipis dan Alangsari Plus Sirsak. Khasiatnya sama dan komposisi yang digunakan tidak jauh berbeda. Yang membedakannya hanya ekstrak pada varian rasa yang digunakan. Dalam satu saset mengandung 15 kkal energi, 4 gram karbohidrat, 270 mg natrium, protein, dan vitamin C.

Untuk cara penyajiannya mudah. Seduh satu saset dan campur dengan 200 ml air putih. Agar hasilnya optimal, minum dengan teratur 1 - 3 kali sehari sampai sariawan atau panas dalam sembuh. Lebih nikmat dan segar jika disajikan dingan dengan es batu.