null

7 Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mata selain Wortel

Diposting oleh Obat Herbal on 27th Mar 2018

Makanan yang baik untuk kesehatan mata yang kita ketahui biasanya wortel. Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Warna oranye pada wortel berasal dari beta karoten. Vitamin A sendiri mempunyai peran penting dalam penglihatan. Wortel memiliki komponen protein yang disebut thodopsin yang berfungsi untuk membantu retina menyerap cahaya. Namun tahukah anda jika masih banyak makanan lain yang baik untuk kesehatan mata? Berikut ini 7 makanan untuk kesehatan mata menurut Organisasi American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO).
Ikan
Ikan mengandung minyak ikan dalam tubuh mereka dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Ikan-ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yaitu tuna,ikan salmon,ikan trout,ikan sarden,ikan teri, dan mackerel. Menurut beberapa penelitian, minyak ikan dapat membantu mengobati mata kering akibat terlalu lama didepan komputer.

Buah Jeruk
Buah Jeruk memiliki kandungan Vitamin C. Vitamin C dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia.

Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus untuk mata. Sayuran-sayuran ini seperti bayam dan kubis.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak omega-3. Selain itu kacang-kacangan juga memiliki kadar vitamin E yang tinggi yang dapat melindungi mata dari kerusakan yang berkaitan dengan usia. Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata yaitu kacang-kacangan, kacang mete, kacang brazil, dan jenis kacang-kacang lainnya.

Daging Sapi
Daging sapi memiliki kandungan zinc yang baik untuk kesehatan mata jangka panjang. Zinc dapat membantu menunda kehilangan penglihatan berdasarkan bertambahnya usia. Mata memiliki kadar Zinc yang tinggi terutama di retina dan jaringan vaskuar yang mengelilingi retina. Daging seperti dada ayam juga mengandung Zincm namun pada tingkat yang lebih rendah dari daging sapi.

Telur
Telur merupakan sumber protein,lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk tubuh. Zat-zat seperti lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E yang baik.

Air
Seperti yang kita ketahui, air merupakan cairan penting untuk kehidupan. Untuk kesehatan mata air berperan untuk mencegah dehidrasi yang dapat mengurangi gejala mata kering.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan diatas, anda perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan menghindari kegiata-kegiatan yang menjadikan kesehatan mata semakin parah. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata:

  • Melakukan pemeriksaan mata secara teratur, terutama jika anda memiliki riwayat penyakit mata di keluarga anda.
  • Memakai kontak lensa hanya untuk periode yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Mencuci tangan sebelum menggunakan kontak lensa.
  • Memakai pelindung mata saat bekerja dengan kemungkinan iritasi mata atau adanya bahan kimia yang berbahaya.
  • Tidak terlalu lama di depan komputer, cobalah setiap 20 menit sekali memalingkan wajah anda untuk meng-istirahatkan mata anda dari layar komputer.
  • Berhenti merokok
  • Memakai kacamata hitam di luar (jika diperlukan) untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan yang dapat menyebabkan katarak.

Banyak orang percaya bahwa penglihatan yang buruk merupakan akibat penuaan yang tak terhindarkan. Namun perlu anda ketahui bahwa gaya hidup sehat dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah kesehatan mata.