null

Artichoke, Bunga Cantik Nan Menyehatkan Khas Mediterania

Diposting oleh RK on 20th Sep 2019

Sejarah

Tanaman artichoke merupakan sejenis tanaman berduri, yang hidup subur dihabitat aslinya di pulau Canary, terletak diantara utara Afrika dan selatan Eropa. Bagian paling dicari dari tanaman ini untuk keperluan obat yaitu bagian daunnya. Sebenarnya artichoke telah dikenal pada abad ke 4 SM sebagai salah satu tanaman obat. Bangsa Romawi dan Yunani telah menggunakan artichoke sebagai obat mujarab sistem pencernaan. Pada abad ke 16, artichoke telah digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning dan liver. Terlebih lagi pada abad ke 20, tanaman ini telah digunakan sebagai bahan obat modern dan tentunya dapat diolah menjadi makanan yang lezat.

Suplemen kesehatan berbahan daun artichoke telah digemari saat ini, disamping untuk kesehatan, memasak bagian jantung artichoke (kuncup bunga/tunas) juga menjadi sesuatu hal yang banyak dicari. Dapat diolah dengan cara di didinginkan, diasinkan, dipanggang, dan dalam keadaan fresh, jantung artichoke sangat sehat dan menjadi bahan serba guna bernutrisi tinggi dari daratan mediterania, yang dicari cari, mulai dimakan sebagai salad hingga di kukus.

Nutirisi & Vitamin Yang dikandung Artichoke

Kandungan vitamin dan nutrisi serta mineral yang ada pada Artichoke sangat berguna bagi seluruh kesehatan tubuh, karena di dalam artichoke terdapat:

Silmarin, merupakan zat super anti-oksidan, berfungsi menjaga liver dan memelihara peremajaan jaringan sel. Satu kuncup bunga artichoke, mendekati ¼ rata-rata kebutuhan serat orang dewasa. Juga terkandung magnesium, asam folic,potasium, dan vitamin C.

Gallic Acid, merupakan zat potensial anti-oksidan, yang juga terkandung pada teh hitam dan wine merah. Telah terbukti zat ini menolong menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.
Chlorogenic Acid dan Caffeic Acid, merupakan zat yang berperan sebagai anti virus, anti-LDL (kolesterol jahat), anti mikroba, dan anti kanker.

Luteolin dan Cynarin, merupakan dua zat terbaik yang berperan sebagai polyphenol anti-oksidan, yang dapat menolong menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Didalam artichoke terkandung banyak cynarin, yang berfungsi juga dalam peremajaan jaringan liver.

Anthocyanins, merupakan pigmen yang memberi warna pada artichoke, yang berfungsi sebagai super anti-oksidan. Zat ini direkomendasikan sebagai zat anti penuaan, memlihara fungsi ingatan, saluran kencing, dan pencegah kanker.

Rutin, adalah zat yang dapat menolong meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah, memelihara sel-sel baik dan menghambat sel-sel kanker, dan zat super anti alergi hingga anti peradangan.

Quercetin, merupakan zat yang menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, yang bekerja efektif sebagai anti-oksidan melindungi dari serangan jantung dan kanker.

Disamping itu, didalam artichoke pun terdapat beberapa tipe vitamin, seperti vitamin K, niacin, riboflavin, vitamin B-6, B-12, A, E, D, thiamin, Vitamin C, dan folat. Artichoke juga kaya mineral, seperti phosphorus, mangan, potasium, sodium, zinc, besi dan kalsium.

Manfaat Mengkonsumsi Artichoke


1. Melindungi Tubuh dari Serangan Radikal Bebas

Faktor lingkungan perkotaan, khususnya udara, yang kian hari semakin berpolusi, menjadi pemicu serangan radikal bebas terhadap sel sel tubuh. Zat-zat esensial, seperti Luteolin, Cynarin , Galic Acid, Anthocyanins, dan Quercetin pada artichoke, bersifat anti-oksidan, baik sekali untuk melawan serangan radikal bebas tersebut.

2. Meningkatkan Fungsi Metabolisme


Salah satu mineral yang dikandung artichoke yakni mangan, merupakan nutrisi penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Mineral ini mengontrol asam jenuh, asam amino dan kolesterol di dalam tubuh agar stabil.

3. Memelihara Kesehatan Tulang

Seperti kita ketahui, kesehatan tulang dipengaruhi faktor usia dan asupan gizi. Semakin bertambahnya usia, tualng pun semakin rapuh. Hanya dengan memperbaiki asupan gizi, kita bisa memelihara tulang kita sedini mungkin. Di dalam artichoke terdapat vitamin K, potasium, magnesium dan vitamin C yang sangat dibutuhkan tulang.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Makanan kaya akan potasium, seperti kentang, pisang dan artichoke, dapat menolong memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh. Ditambah adanya magnesium di dalam artichoke, mencegah efek negatif dari kelebihan sodium dalam darah, yang ujung ujungnya berguna mengontrol tekanan darah. (inget yah pelajaran biologi tentang pertukaran cairan elektrolit dalam darah).

5. Baik Buat Ibu Hamil

Dalam 100 gram artichoke terkandung sekitar 68 mikrogram asam folat, menjadikan makanan terbaik untuk ibu yang sedang hamil. Asam folat dipercaya menjadi komponen penting dalam meningkatakan kesehatan janin.

6. Perlindungan Dini dari Kanker

Berdasarkan penelitian, kandungan anti-oksidan artichoke, terbaik ke tujuh di dunia. Seperti dibahas sebelumnya, anti-oksidan, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dalam melawan serangan radikal bebas, penyebab timbulnya sel-sel kanker. Berarti mengkonsumsi artichoke melindungi diri sedini mungkin dari kanker.

7. Meningkatkan Kesehatan Liver

Di dalam artichoke terdapat senyawa cynarin, merupakan subtansi penting peremajaan jaringan liver, dan kita tahu liver sendiri berfungsi untuk menghasilkan empedu, dan empedu berguna menetralisir racun yang masuk ke tubuh.

8. Memelihara Kinerja Otak

Salah satu manfaat yang dapat diambil dari artichoke yakni tanaman ini dapat memelihara kinerja otak, khususnya masalah kognitif. Kesehatan otak sangatlah penting, bagi manusia, karena otak terus menerus bekerja, seperti halnya jantung, bekerja 24 jam nonstop. Artichoke dapat menjadi obat peningkat kepintaran bagi para pelajar, umumnya bagi kita semua.

9. Mengurangi Kolesterol Jahat

Diatas disinggung, artichoke mengandung senyawa Chlorogenic Acid dan Caffeic Acid, merupakan zat yang berguna melawan kolesterol jahat dalam darah.

10. Memelihara Sistem Pencernaan

Beberapa dokter di Eropa, telah menyarankan ekstrak daun artichoke baik sebagai penghilang rasa sakit perut dan gangguan pencernaan. Ini dikarenakan kandungan cynarin, yang berfungsi meningkatkan produksi empedu, yang berguna kesehatan usus.

Setelah membaca beberpa manfaat dari tanaman artichoke, pastinya ingin mencobanya, sayang tanaman yang tumbuh subur di dareah subtropis ini, sangat sulit ditemui dipasar pasar tradisional, hanya di supermarket tertentu saja dapat ditemui. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak suplemen kesehatan berbahan dasar artichoke. Salah satunya adalah Usana Digestive Enzyme 56 Tablet. Merupakan suplemen kesehatan buatan Amerika dengan perpaduan unik antara enzim dan ekstrak artichoke untuk memelihara kesehatan terutama kesehatan pencernaan. Diproses menggunakan Teknologi Nutritional Hybrid Inovatif yaitu menggabungkan dua formula unik menjadi satu suplemen untuk memberikan produk yang terbaik. Info pemesanan hubungi kami melalui SMS/Telp/WA 081 998 998 000.