null

Bahaya Asam Urat yang Perlu Anda Ketahui

Diposting oleh Kdwnm on 9th Dec 2022

Asam uratpada tubuh manusia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, salah satunya adalah kondisi dimana seseorang akan mengalami rasa nyeri yang teramat sangat sehingga akan mengganggu aktivitas. Sakit dan rasa nyeri yang hebat pada bagian-bagian persendian dan juga telapak kaki tersebut merupakan suatu keadaan yang sangat biasa terjadi jika tengah bermasalah dengan kadar asam urat yang tinggi. Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan karena konsumsi protein hewani dalam jumlah besar sehingga akan memicu terjadinya keluhan asam urat tersebut.

Banyak orang seringkali salah mengenali asam urat. Mereka menyamakan gelaja asam urat dengan gejala kolesterol karena gejalanya yang mirip. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali gejala asam urat sejak awal, untuk mewaspadai dan segera melakukan penanganan dini bila gejala-gejala tersebut muncul.

Penyebab Asam Urat

Faktor-faktor yang memicu timbulnya gejala asam urat, yaitu :

Pola makan yang tidak tepat, akibat mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi, seseorang bisa terkena penyakit asam urat. Makanan yang berpurin tinggi, misalnya makanan berlemak, jeroan, kacang-kacangan, jeroan, minuman bersoda, minuman beralkohol serta minuman yang mengandung gula pemanis buatan.

Faktor usia, usia adalah salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang bisa menderita asam urat. Pria yang berusia 35 tahun ke atas, berpeluang lebih besar terkena gejala asam urat. Sedangkan wanita beresiko terkena asam urat, bila sudah memasuki masa menopause.

Adanya riwayat penyakit, seseorang yang memiliki riwayat penyakit seperti ginjal, hipertensi, diabetes dan lainnya bisa memicu meningkatnya kadar purin dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyakit asam urat.

Obat-obatan, efek samping mengkonsumsi obat-obatan dan zat-zat tertentu dalam jangka panjang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit asam urat.

Gejala Asam Urat pada kaki yang biasa terjadi

Sendi kaki sering terasa kaku dan keras hingga sulit digerakkan sebagai salah satu tanda serangan penyakit asam urat pada sendi kaki. Gejala Asam Urat lainnya yang sering dirasakan antara lain :

Rasa sakit pada sendi kaki di bagian lutut, pergelangan kaki, serta ruas jari kaki. Munculnya keluhan ini disebabkan karena terjadi pengkristalan purin pada bagian bagian tersebut.

Muncul pembengkakan pada sendi sendi di kaki hingga terlihat sedikit memerah dan terasa panas. Waspadai infeksi sendi yang terjadi dan sebaiknya segera atasi dengan Obat Asam Urat yang tepat agar tidak berlanjut semakin parah.

Kesulitan bergerak karena kaki yang terasa pegal, ngilu, serta kaku.

Terlihat adanya jaringan keras yang muncul karena terbentuknya jaringan Kristal asam urat pada sendi. Ini berbahaya dan sebaiknya diatasi dengan Obat Asam Urat secara tepat.

Kesemua gejala ini harus ditangani dengan cepat menggunakan Obat Asam Urat yang bisa kita pilih sesuai kecocokan karena jika tidak ditindak lanjuti dengan cepat, dikhawatirkan Gejala Asam Urat akan semakin parah.

Komplikasi Gejala Asam Urat

Yang dimaksud komplikasi Gejala Asam Urat adalah gejala lanjutan yang bisa muncul karena penyakit yang tidak ditangani secara tepat. Bahaya yang muncul bisa menimbulkan gangguan pada organ ginjal berupa pembentukan batu ginjal dari pengendapan asam urat yang bercampur kalsium dalam organ ginjal. Bahaya lainnya bisa mengarah pada kerusakan sendi secara permanen akibat jaringan asam urat yang mengeras dan muncul infeksi radang sendi yang lebih berbahaya.