null

Bidara - Bukan Sekedar Semak Belukar

Diposting oleh RK on 7th Sep 2019


Bidara (Ziziphus Mauritiana) adalah sejenis pohon yang dapat menghasilkan buah yang biasanya tumbuh liar di tempat kering. Pohon bidara bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 15 meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak dan berduri. Kebanyakan masyarakat menganggap bidara sebagai semak belukar biasa. Oleh karena itu pohon bidara banyak sekali dibabat habis bahkan pohon yang tinggi pun ditebang. Padahal selain buahnya dapat dikonsumsi, daun bidara juga memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan yang halus dan berwarna hijau mengkilap. Manfaat daun bidara untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenisnya dan juga penyebabnya. Salah satu yang paling memengaruhi adalah gaya hidup kita. Maka dari itu, kita harus memiliki gaya hidup yang seimbang dan konsumsi daun bidara dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang kedua adalah diaplikasikan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan. Selain itu, daun bidara juga dipercaya memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar meninggalkan bekas pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka lebih cepat juga berasal dari kemampuan daun bidara untuk mempercepat regenerasi kulit.

Mengatasi Gangguan Sulit Tidur
Manfaat daun bidara selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia. Cara menggunakannya adalah dengan cara minum air rebusan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat buah bidara dan daunnya selanjutnya adalah untuk memelihara sistem pencernaan. Bidara dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan pun dapat diatasi.

Menurunkan Risiko Diabetes
Meminum air rebusan daun bidara secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lainnya untuk menstabilkan gula darah. Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara dapat menjadi salah satu pilihan obat herbal tersebut.

Mengobati Wasir dan Sembelit
Daun bidara juga dapat mengatasi wasir dan sembelit. Penyakit ini memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja amat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dan sembelit dapat dengan meminun air rebusannya secara rutin dan juga dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Daun bidara dapat dijadikan masker untuk memelihara kulit wajah. Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu untuk membantu mengatasi jerawat. Selain itu, daun bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulitpun terjaga.

Melancarkan Haid
Manfaat daun bidara yang penting untuk wanita adalah dapat melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang dapat menjadi penyebab dari siklus haid menjadi tidak teratur. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita. Cara untuk mendapatkan manfaat daun bidara adalah dengan meminun ekstrak daun bidara.

Membersihkan Tubuh
Daun bidara juga dapat membersihkan tubuh dengan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat daun bidara sering dijadikan sebagai bahan utama sabun. Pada dasarnya daun bidara memang dapat dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan daun bidara.

Menurunkan Berat Badan
Konsumsi daun bidara secara rutin juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa lapar lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminun air rendaman daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

Tetapi seiring kemajuan zaman, daun bidara sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang dikemas dalam sediaan kapsul agar lebih mudah dikonsumsi. Salah satu produk ekstrak daun bidara kapsul adalah Tazakka Daun Bidara 60 Kapsul.

Tazakka Daun Bidara 60 Kapsul Obat Memelihara Kesehatan Tubuh merupakan salah satu obat herbal dari bahan alami yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Diramu dari ekstrak daun bidara pilihan berkualitas. Tazakka Daun Bidara diproses secara higienis dan modern serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.