null

Bunga Echinacea : Si Cantik yang Kaya Manfaat

Diposting oleh kdwnm on 23rd Dec 2020

Echinacea adalah bunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Bunga ini berbentuk seperti bola jarum, Echinacea memiliki ekstrak yang berkhasiat lho. Faktanya, bunga ini bahkan sudah menjadi obat herbal yang populer di kalangan masyarakat Eropa dan Amerika Utara sejak pertengahan abad ke-19.

Echinacea purpurea Merlot | White Flower Farm

Manfaat Echinacea Selain Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain bentuknya yang unik, ekstrak echinacea juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan karena mengandung zat antioksidan. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Memelihara daya tahan tubuh

Ekstrak Echinacea mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Kandungan zat antioksidan yang ada dalam ekstrak echinacea dapat mempercepat reproduksi sel darah putih yang berkhasiat melumpuhkan virus dan menghancurkan bakteri-bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah dan mengatasi penyakit ispa

Saat masyarakat Amerika dapat menghabiskan sekitar 2 miliar dolar AS per tahun untuk pengobatan flu, para ilmuwan dari Universitas Connecticut menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak echinacea dapat mengurangi seseorang terkena flu hingga 58 persen seperti yang dilansir dari Medical News Today.

Tidak hanya flu, beberapa penyakit ISPA seperti radang tenggorokan, batuk, sinusitis, atau bronkitis juga dapat dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi ekstrak echinacea.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Ketika Anda memiliki luka yang susah sembuh, biasanya Anda memerlukan obat luar untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Tetapi ternyata, selain menggunakan obat luar, mengonsumsi ekstrak echinacea juga dapat mempercepat penyembuhan luka dari dalam. Ekstrak bunga ini akan meningkatkan integritas kolagen dalam jaringan-jaringan bekas luka sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, ekstrak echinacea yang digunakan langsung pada area yang terluka juga dapat mengurangi rasa sakit.

4. Mempercepat menyembuhkan peradangan

Infeksi yang terjadi karena bakteri atau virus dapat menyebabkan peradangan bagi tubuh. Adanya peradangan tersebut merupakan sebuah respon dari adanya kondisi kesehatan yang buruk. Dilansir dari Health Line, sebuah studi terhadap beberapa orang yang mengidap osteoarthritis, mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak echinacea secara signifikan mengurangi peradangan, nyeri kronis, dan pembengkakan. Ekstrak echinacea dapat meningkatkan pergerakan sel-sel darah putih ke bagian badan yang terinfeksi. Sel-sel tersebut akan memakan dan membunuh bakteri serta benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Kini kandungan ekstrak dari bunga Echinacea telah hadir didalam produk Sidomuncul EchinaceaSido Muncul Echinacea 2 Botol @30 Kapsul Antioksidan Daya Tahan Tubuh Obat Radang Tenggorokan merupakan obat herbal alami yang sangat efektif untuk mengobati infeksi saluran atas dan peradangan, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Dibuat dari tanaman herbal tradisional echinacea pilihan dan berkualitas.Obat herbal ini tersedia di obatherbalpromo.com.

source : https://kumparan.com/kumparanfood/4-manfaat-ekstrak-echinacea-bunga-yang-berkhasiat-1svUZbWRcXo.