null

Cara Efektif Untuk Mengurangi Lemak Tubuh

Diposting oleh RK on 28th May 2019

Lemak berlebihan memang membuat penampilan jadi tidak ideal. Biasanya bagian perut, paha, dan lengan menjadi langganan tumpukan lemak di sekitar tubuh. Sayangnya menghilangkan atau membakar lemak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun Anda sudah minum ramuan, jamu, atau obat yang diklaim bisa membakar lemak, tidak serta merta lemak bisa luntur begitu saja. Lalu bagaimana cara membakar lemak yang efektif tapi terasa hasilnya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

PERUBAHAN POLA MAKAN

Pilihlah Makanan Rendah Kalori
Diet rendah kalori akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Pantau jumlah asupan kalori yang Anda makan sehari-hari dan kurangi 500 kalori setiap harinya. Metode ini akan menghasilkan penurunan berat badan 0,5–1 kg per minggu. Hitunglah berapa banyak kalori yang selama ini Anda konsumsi per harinya. Anda dapat menggunakan jurnal makanan, aplikasi, atau kalkulator daring agar lebih akurat. Kurangi sekitar 500 kalori dari jumlah tersebut. Dan hasil akhir perhitungan itu adalah kalori yang semestinya Anda konsumsi untuk penurunan lemak tubuh secara perlahan dan aman. Jangan mencoba untuk diet kalori sangat rendah atau mengonsumsi kurang dari 1.200 kalori per hari. Apabila kalori terlalu rendah, dampaknya berat badan akan berhenti turun atau Anda akan kehilangan massa otot tanpa lemak, bukan lemak tubuh. Mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi untuk mengurangi lemak tubuh.

Fokuslah Pada Protein Tanpa Lemak
Protein penting untuk metabolisme tubuh. Fokuslah pada protein tanpa lemak dalam makanan dan camilan dapat mendukung penurunan berat badan dan pengurangan lemak tubuh. Protein tanpa lemak harus dimasukkan dalam makanan yang Anda santap tiap hari. Ini untuk memastikan bahwa Anda memenuhi jumlah yang dianjurkan. Wanita harus mengonsumsi 46 gram protein tanpa lemak dan pria 56 gram. Sumber protein tanpa lemak adalah daging unggas, daging sapi tanpa lemak, daging babi tanpa lemak, polong-polongan, tahu, produk olahan susu rendah lemak, dan juga makanan laut. Batasi atau bahkan hindari sumber protein yang mengandung banyak lemak jenuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan lemak tubuh, khususnya di daerah perut. Batasilah makanan seperti produk olahan susu berlemak penuh, potongan daging berlemak, dan juga butter.

Prioritaskan Buah dan Sayur dalam Makanan

Selain protein tanpa lemak, usahakan agar sebagian besar makanan dan camilan Anda adalah sayur. Anda juga perlu mengonsumsi banyak protein. Kedua tipe makanan ini sangat bergizi dan mengandung banyak nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar lima hingga sembilan saji sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Usahakan satu hingga dua sajinya adalah buah, dan sisanya sayur. Selain itu, ketika Anda memilih makanan dari kelompok ini, usahakan memilih yang warnanya cerah atau gelap. Warna tersebut biasanya menunjukkan bahwa buah dan sayur itu lebih padat gizi, artinya mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Misalnya, pilihlah bayam daripada sawi putih. Kurangi mengonsumsi serealia. Salah satu cara yang baik untuk mengurangi lemak tubuh Anda adalah mengurangi jumlah serealia yang Anda makan setiap harinya. Makanan kaya akan karbohidrat ini dapat memperlambat pengurangan lemak tubuh. Makanan yang tinggi akan karbohidrat adalah roti, nasi, kue-kue kecil, permen, pasta, cracker, keripik, muffin, dan bagel. Serealia yang telah melewati proses tinggi ini hanya mengandung sedikit nutrisi dan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dan biasanya mengakibatkan penyimpanan lemak. Ada makanan lain yang mengandung karbohidrat, seperti buah dan polong-polongan. Akan tetapi, makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi penting dan tidak selalu perlu dibatasi.

Jadikan Air Putih Sebagai Pilihan Minuman Nomor Satu
Normalnya, kita harus minum sekitar 8 gelas air setiap harinya. Pilihlah minuman tanpa kalori dan tanpa kafeina sebagai minuman utama Anda. Hindarilah minuman-minuman manis penuh kalori seperti soda, jus, atau minuman berenergi yang akan menambahkan kalori pada diet dan meningkatkan lemak tubuh. Ini adalah anjuran yang umum. Jumlah cairan yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda tergantung ukuran tubuh dan jumlah keringat. Misalnya, orang-orang yang melakukan olahraga aerobika harus minum lebih banyak untuk mengembalikan cairan tubuh. Biarkan rasa haus memandu Anda. Makanlah makanan berfermentasi. Makanan yang difermentasi, seperti kefir organik, yoghurt organik, dan sauerkraut mengandung kultur hidup bakteri baik. Jika ada banyak bakteri baik dalam usus, kita dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Anda juga dapat menggunakan probiotik yang juga dapat membantu mengatasi stres.

Hindari Gula Tambahan dan Pemanis Buatan
Bahan pemanis dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat Anda makan dengan berlebihan. Ada lebih dari 60 nama gula tambahan sehingga kadang sulit diidentifikasi dalam daftar bahan makanan. Beberapa contoh diantaranya adalah :

  • Agave nectar
  • Barley malt
  • Jus tebu
  • Sirop jagung
  • Dekstrosa
  • Jus tebu yang diuapkan
  • Sirop jagung fruktosa tinggi
  • Malton
  • Madu

OLAHRAGA

Tingkatkan Aktivitas Aerobika
Buatlah rutinitas latihan aerobika yang akan saling mendukung dengan diet. Latihan aerobika dan diet terbukti dapat menjadi salah satu kombinasi terbaik untuk mengurangi lemak tubuh. Secara umum dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobika 150 menit setiap minggu, artinya hanya 20 menit setiap harinya. Namun untuk mempercepat pengurangan lemak tubuh, disarankan untuk olahraga lebih lama, hingga 60 menit per harinya. Lakukan banyak variasi latihan aerobika, seperti jalan kaki/joging, lari, bersepeda, menari, berenang, seni bela diri atau tinju, dan menggunakan mesin elliptical. Pilihlah aktivitas yang disukai agar Anda bersemangat melakukannya secara terus-menerus. Usahakan berolahraga sedikitnya 30 menit, baik untuk pilihan olahraga impak rendah seperti berenang atau jalan kaki maupun program yang lebih intens seperti kickboxing atau angkat beban.

Tambahkan Olahraga Interval Intensitas Tinggi

Beberapa studi menunjukkan bahwa latihan dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam interval dapat mengurangi lemak tubuh dengan lebih efisien daripada olahraga intensitas sedang. Latihan interval yaitu mengombinasikan olahraga intensitas sangat tinggi dan intensitas sedang. Olahraga ini biasanya dilakukan untuk waktu yang lebih singkat. Contoh olahraga interval adalah 1 menit lari cepat diikuti dengan 3 menit joging. Siklus ini diulang beberapa kali, selama kira-kira 20 menit total (tidak termasuk pemanasan dan pendinginan). Latihan interval bagus untuk mengurangi lemak tubuh karena terbukti membakar kalori lebih banyak dari lemak dan meningkatkan metabolisme hingga 20 jam setelah selesai berolahraga.

Masukkan Latihan Resistansi Reguler

Latihan kekuatan tidak membakar banyak lemak ketika dilakukan, namun seiring waktu dapat membentuk masa otot tanpa lemak yang kemudian membantu meningkatkan metabolisme dan kemampuan tubuh membakar kalori. Anda dianjurkan untuk melakukan latihan kekuatan dua hingga tiga hari dalam seminggu selama sekitar 30 menit. Semua kelompok otot besar harus dilatih sepanjang minggu. Jangan lupa memasukkan sedikitnya dua hari istirahat dan pemulihan di antara rutinitas latihan kekuatan. Tubuh dan otot membutuhkan waktu untuk pulih karena jika tidak, lama-kelamaan performanya akan berkurang.

Tambah Aktivitas dalam Gaya Hidup

Selain kardio dan latihan kekuatan, Anda dapat juga menambah aktivitas dalam gaya hidup sehari-hari. Karna studi menunjukkan bahwa orang yang lebih aktif cenderung lebih sehat. Pikirkan berapa banyak Anda bergerak dan berapa langkah Anda setiap hari. Bagaimana cara menambahnya? Beberapa cara untuk menambah gerakan dalam keseharian adalah latihan leg lift ketika duduk di kursi kerja atau berdiri, atau latihan knee raise saat TV menayangkan iklan. Tambahkan lebih banyak langkah, seperti berjalan kaki saat istirahat makan siang, memilih tangga sebagai ganti lift, memarkir mobil jauh dari tempat tujuan, dan berjalan kaki ke tempat dekat (toko swalayan atau apotek).

PERUBAHAN GAYA HIDUP

Kendalikan Tingkat Stres
Studi mengatakan bahwa stres kronis tingkat rendah dalam jangka panjang akan meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Saat ini terjadi, Anda tidak hanya sulit menurunkan berat badan, tetapi juga menambah lebih banyak lemak tubuh. Olahraga teratur dapat membantu mengendalikan tingkat stres. Jika Anda merasa kewalahan atau stres berat, keluarlah untuk jalan kaki 10 menit untuk menenangkan dan merilekskan diri. Cobalah yoga, latihan yang juga meditatif. Lakukan aktivitas lain yang juga membantu Anda rileks. Anda dapat mendengarkan musik, membaca buku atau majalah bagus, menulis buku harian, bertemu teman, atau menonton film. Cobalah meditasi, latihan napas dalam, visualisasi positif, and relaksasi otot progresif. Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan stres, pertimbangkan untuk berbicara dengan terapis atau spesialis perilaku. Ahli kesehatan tersebut dapat melatih dan membimbing Anda dalam pengendalian stres. Jangan mengandalkan rokok, alkohol, kafeina, atau obat-obatan lain.

Tidurlah Lebih Awal

Banyak orang yang tidak istirahat dengan cukup setiap malamnya. Padahal tidur sangatlah penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk pengaturan berat badan. Tidurlah lebih awal supaya Anda dapat beristirahat lebih lama untuk membantu mengurangi lemak tubuh. Dianjurkan untuk tidur antara tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Anda mungkin perlu tidur lebih awal dan bangun lebih siang (jika memungkinkan) untuk menambah jam tidur setiap malamnya. Istirahat cukup juga membantu meningkatkan performa atletik di samping membantu mengatur sinyal lapar pada siang hari.

Pastikan Anda Makan dalam Porsi Sehat
Pengendalian porsi sangat penting jika Anda ingin mengurangi lemak tubuh. Dengan mengendalikan porsi, Anda dapat mengurangi asupan kalori total dan lemak tubuh keseluruhan. Secara umum, orang dewasa sehat rata-rata harus mengonsumsi tidak lebih dari 80–110 gram protein, ½ cup buah, dan 1 cup sayur per saji. Gunakan cangkir pengukur (cup) atau timbangan makanan untuk mengetahui berapa porsi Anda. Anda juga dapat menggunakan piring, mangkuk, dan cangkir yang lebih kecil untuk membatasi berapa banyak makanan yang boleh Anda sajikan untuk diri sendiri. Konsumsi lebih dari porsi yang dianjurkan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan menambah lemak tubuh total.

Selain kiat-kiat tersebut, Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal untuk mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan secara alami dan efektif. Obat Herbal Promo menyediakan produk Borobudur Herbal Modi 30 Pil, yaitu obat herbal alami yang bermanfaat untuk membantu mengurangi lemak dalam tubuh dan menurunkan berat badan secara alami. Diramu dari tanaman herbal seperti kelembak, jatibelanda, kunyit, kemuning, dan bahan-bahan alami lain yang berkualitas. Kelembak mengandung senyawa antrakinon yang dapat melancarkan BAB. Jatibelanda mampu menghambat penyerapan lemak dan mengeluarkan lemak melalui BAB. Kunyit dapat menurunkan kadar lemak dan melindungi alat pencernaan dari asam lambung. Modi dari Borobudur Herbal dikemas dalam bentuk kapsul, diproses dengan teknologi modern dan higienis dengan pengawasan herbalis profesional. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.