null

Cara yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Diposting oleh kdwnm on 9th Dec 2022

Menurunkan berat badan secara instan tentu menjadi impian banyak orang, tapi hal semacam ini justru tidak baik dari segi kesehatan. Selain itu, menurunnya berat badan dengan cepat juga erat kaitannya dengan kestabilan berat badan jangka panjang.

Penurunan berat badan ideal setiap minggu berkisar antara 0,5 hingga 1 Kg per minggunya. Usahakan agar Anda tidak melebihi kisaran tersebut setiap minggu. Beberapa resiko penurunan berat badan terlalu berlebihan antara lain kelelahan, kekurangan gizi, tidak enak badan, dan bahkan beresiko terkena batu empedu.

Oleh sebab itu, menurunkan berat badan sebaiknya tidak dilakukan dengan cepat dan drastis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, mulailah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan memperbanyak aktivitas fisik. Hal-hal di bawah ini penting untuk diperhatikan jika Anda ingin memiliki berat badan ideal.

  1. Memiliki komitmen yang kuat.
    Anda harus menerapkan mindset untuk bisa kurus dengan matang. Menyiapkan mental dan fisik sangat perlu untuk mendukung pola hidup ini.
  2. Mengenal apa itu kalori.
    Kalori adalah satuan untuk mengukur energi. Energi adalah yang kamu perlukan untuk bergerak. Energi manusia adalah kalori, dan kalori bisa kita dapatkan dari makanan. Untuk wanita kebanyakan, kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori per hari, sedangkan laki-laki kebanyakan adalah 2500. Untuk wanita, agar bisa turun 1/2 kg, kalori yang harus dibakar kurang lebih 1500 kalori dengan estimasi waktu selama satu minggu. Sedangkan pria, 2000 kalori.

    calories

  3. Jangan Menghindari sarapan
    Banyak orang yang mengira cara cepat melangsingkan badan dengan mengurangi jatah makan harian seperti absen sarapan. Padahal, hal tersebut justru akan membuatmu kelaparan dan banyak mengonsumsi camilan sepanjang hari, terutama ketika tubuh mulai merasa gemetar akibat lapar. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu sarapan di pagi hari. Misalnya mengonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti, serta jangan lupa jus buah yang mengandung beragam nutrisi seperti serat dan vitamin.
  4. Konsumsi makanan yang tepat
    Makanan penurun berat badan terbaik untuk Anda adalah makanan berprotein dan berserat tinggi. Protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Konsumsilah makanan sumber protein seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, dan kacang-kacangan.
  5. Makan malam sebelum jam 18.00.
    Ketika malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga jika kamu mengonsumsi makanan berkalori maka akan diubah menjadi lemak, bukannya energi. 
  6. Rajin berolahraga.
    Berhubungan dengan poin no. 2, berolahragalah secara rutin untuk melancarkan metabolisme tubuh.
  7. Tidur cukup.
    Kurang tidur juga bisa memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Alhasil, zat-zat itupun menumpuk dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.

Jika Anda ingin mengkonsumsi obat herbal untuk membantu penurunan berat badan, maka disarankan untuk melihat kandungan obat tersebut, jika perlu hubungi ahli obat herbal terdekat dan terpercaya.