null

Daun Kelor Sebagai Obat Diabetes

Diposting oleh Obat Herbal on 14th Sep 2017

Disadur dari diskusi kesehatan bersama dr. Prapti Utami, M.Si

kandungan-kelor

Kelor adalah tanaman yang sudah lama digunakan sebagai sayur (functional food), dan oleh BPOM masuk sebagai tanaman obat yg dapat mempengaruhi kesehatan, sehingga dalam penggunaannya memerlukan informasi yang jelas. Dengan nama latin MoringaOleifera kelor tumbuh di hampir semua negara yg berada di iklim tropis. Di Filipina disebut
sahabat Ibu dan Anak, karena dipakai untuk menstimulir pengeluaran air susu ibu.

Kandungan daun kelor sarat gizi, sehingga disebut the Miracle tree. Kandungan lengkapnya, seperti asam amino, mineral, vitamin, antioksidan dan zat bermanfaat lainnya, dapat memberi solusi bagi penderita malnutrisi (lebih gizi maupun kurang gizi) sehingga memberi keseimbangan dalam tubuhnya.

Kelor dapat ditanam di pot untuk dimanfaatkan setelah umur 3 bulan. Memangkas batang menjadi setinggi 1.5 m adalah cara utk membuat daun kelor untuk dibuat sayur bening. 

Daun kelor dapat membantu penderita diabetes karena kandungannya vitamin, mineral, antioksidan yang dapat  mengembalikan fungsi sel dengan memenuhi kebutuhan nya, maka dia akan bekerja normal kembali. Sel otot mendapat nutrisi utk dapat berfungsi menyimpan gula kembali sebagai glikogen utk cadangan energi.

Membuat sayur kelor untuk keluarga akan menjaga ketahanan kesehatan, ketahanan pangan dan dapat untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Uji klinis terhadap 46 subyek penderita diabetes type 2 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang memperoleh serbuk daun kelor 8 g/ hari selama 40 hari (23 subyek) dan kelompok plasebo (9 subyek). Hasil menunjukkan pada kelompok yg diberi serbuk daun kelor memperlihatkan penurunan gula darah puasa 28%(p>0.01), dan kadar gula darah 2 jam sesudah makan 26% (p>0.05) yang signifikan dibanding kontrol. 

(Sumber : Kelor, Direktorat OAI deputi bidang pengawasan obat tradisional kosmetik dan produk komplemen. BPOM 2016, hal 27).

Tetap konsultasikan kesehatan anda ke dokter atau tenaga kesehatan dalam penggunaan kelor untuk pengobatan.