image/svg+xml image/svg+xml

Daun Pepaya Sebagai Antikanker dan Peningkat Nafsu Makan

Diposting oleh EK on 22nd Feb 2020

Daun pepaya dikenal luas sebagai bahan ramuan penambah nafsu makan. Daun pepaya mengandung zat kimia seperti carpaine atau alkaloida pahit. Selain itu daun pepaya mengandung enzim papain, alkaloid karpaina, pseudo karpaina, glikosid, karposid, dan saponin. Daun pepaya mengandung enzim bromelin (enzim pengempuk), enzim papain, kalsium, serta banyak mengandung vitamin A,B, dan C.

Penelitian mengenai daun pepaya untuk mengetahui peningkatan berat badan dengan pemberian infus daun pepaya. Penelitian ini dilakukan oleh Yayi Wulandari Maryudhi, Fakultas UMS. Dalam penelitian tersebut dilakukan varian kelompok infus daun pepaya yaitu 20%, 40%,80% ssebagai kontrol positif dan aquades sebagai kontrol negatif. Dengan hasil perhitungan kenaikan konsumsi makanan dan berat badan diketahui infus pepaya 80% memiliki pengaruh terhadap kenaikan tersebut.

Selanjutnya penelitian dengan ekstrak daun pepaya yang diberikan secara in vitro pada mencit untuk mengamati efek antikanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki aktivitas antikanker terhadap sel kanker mieloma (mium) pada mencit. Penelitian ini dilakukan oleh Sukardiman dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.
Manfaat utama dari daun pepaya yaitu sebagai antikanker dan menambah nafsu makan.

Daun pepaya berkhasiat memudahkan pengeluaran feses, mencegah konstipasi dan kanker perut, anti ambeien, obat encok, rematik, arthritis, dan penyakit tulang lainnya. Selain itu daun pepaya juga berkhasiat sebagai antidiabetes, mencegah anemia, meningkatkan nafsu makan, dan antikanker.

Cara penggunaan:

200 gram daun pepaya muda dicuci bersih, lalu direbus dengan air mendidih. Setelah itu, diblender bersama air secukupnya. Jus ini dapat diminum secara rutin 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Cara mengolah daun pepaya sebagai obat tradisional antikanker:

Siapkan 3 lembar daun pepaya, lalu diris halus dan keringkan. Seduh irisan daun pepaya yang sudah kering dengan segelas air mendidih. Air rebusan ini bisa diminum seperti minum teh. Anda dapat menambah satu sendok madu ke dalam teh daun pepaya tersebut. Ramuan ini dapat diminum tiga hari setelah menjalani penyinaran atau operasi pengangkatan kanker atau tumor. Dapat juga diminum sbeelum menjalani penyinaran. Selain untuk pengobatan ramuan ini juga berfungsi untuk mencegah kanker.

Tips mencegah dan pengobatan kanker secara alami:

Menggunakan daun pepaya untuk pengobatan kanker merupakan salah satu alternatif. Oleh karena itu diperlukan langkah yang dapat mendukung proses kesembuhan penyakit kanker, diantaranya:

  • Menjaga pola makan sehat. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian (misalnya gandum), dan makanan yang kaya akan protein.
  • Melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga secara rutin berpengaruh terhadap penurunan risiko kanker pada seseorang.
  • Tidak merokok. Seperti yang kita ketahui, merokok dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, terutama kanker paru-paru.
  • Menghindari sengatan sinar matahari berlebihan. Sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Hindari sengatan matahari dengan cara berdiam ditempat teduh, menggunakan pakaian tertutup, atau menggunakan tabir surya (sunscreen).
  • Menjaga berat badan. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker pada diri seseorang. Untuk itu kita perlu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara jaga pola makan sehat serta olahraga rutin.
  • Mengurangi dan menghentikan minum alkohol. Jika Anda aktif mengonsumsi alkohol, batasilah jumlah konsumsi menjadi 1-2 kali setiap hari.
  • Konsultasi vaksinasi dengan dokter. Beberapa jenis kanker disebabkan oleh virus sehingga bisa dihindari dengan vaksinasi. Sebagai contoh kanker yang dapat dihindari dengan vaksinasi adalah kanker serviks yang disebabkan infeksi HPV dan kanker hati yang disebabkan infeksi virus hepatitis.

Cara mengolah daun pepaya sebagai obat tradisional penambah nafsu makan:

Siapkan daun pepaya muda, lalu ditumbuk hingga lembut dan diperas. Air perasannya dapat ditambahkan gula. Air perasan daun pepaya dapat disimpan selama 12 jam. Anak-anak umur satu tahun dapat diberikan ramuan ini. Biasanya ramuan ini dapat diminumkan selama 5 hari.

Tips Menambah Nafsu Makan:

  • Usahakan tetap makan makanan utama 3x sehari
  • Kurangi makan cemilan
  • Rajin berolahraga, karena biasanya setelah berolahraga akan merasa lapar
  • Minum ramuan penambah nafsu makan jika diperlukan
  • Buatlah variasi menu makanan yang menarik, sehingga kita akan merasa bersemangat saat ingin makan


Seiring dengan kemajuan zaman, banyak produsen yang membuat daun pepaya dalam bentuk ekstrak dan dikemas dalam sediaan kapsul sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi. Obat Herbal Promo juga menyediakan obat herbal dengan bahan dasar daun pepaya seperti Sido Muncul Sari Daun Pepaya 50 Kapsul.

Sumber:

  1. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1985. Tanaman Obat Indonesia, jilid 1. Jakarta.hal. 66.
  2. Lucie dkk. 1994. Penelitian Tanaman Obat di Beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, jilid VI.Departemen Kesehatan Indonesia. Jakarta. hal. 65.
  3. http://etd.library.ums.ac.id
  4. https://www.alodokter.com/penyakit-a-z/kanker
  5. https://faktakanker.com/kanker-umum/pengobatan/manfaat-daun-pepaya-untuk-kanker