null

Daun Sambiloto : Daun Pahit Khasiat Selangit

Diposting oleh kdwnm on 4th Nov 2021

Sambiloto dikenal sebagai tumbuhan obat herbal yang mampu mengatasi flu. Ada juga manfaat lainnya seperti anti perdagangan, membunuh bakteri dan jamur. Terkenal memiliki rasa yang sangat pahit, rupanya tumbuhan sambiloto mulai dari akar hingga daunya dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Rasa pahit pada daun ini berasal dari zat aktif tanin yang bersifat astringen.
Berbeda dengan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Daun sambiloto merupakan tanaman obat yang memiliki banyak senyawa kimia. Senyawa kimia ini sering digunakan dalam pembuatan obat-obatan seperti tablet. Berikut ini kandungan senyawa dalam daun sambiloto:

  • Flavonoid: Senyawa tanaman flavonoid mengandung 15 atom karbon yang memiliki efek hormonal dan bersifat antiinflamasi.
  • Alkaloid: Senyawa kimia ini bersifat basa dan mengandung banyak nitrogen dan bersifat antibakteri atau antimikroba.
  • Saponin: Seperti alkaloid senyawa ini bersifat antibakteri, anti jamur dan bisa menghambat pertumbuhan sel yang abnormal.

11 Manfaat Daun Sambiloto


1. Obat Flu Alami
Flu merupakan infeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru saat daya tahan tubuh menurun. Penyakit ini dapat menyerang mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, sampai ibu hamil. Flu memiliki gejala berupa batuk, pilek, nyeri otot, kelelahan, menggigil, demam.

Umumnya gejala flu reda dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup, dan banyak minum air putih. Jika dirasa cukup mengganggu kamu bisa konsumsi obat-obatan pereda nyeri atau teh herbal yang terbuat dari 1 gram daun sambiloto sebanyak 3-4 kali sehari.

2. Penurun Demam
Saat tubuh demam sebaiknya jangan panik, sebelum memutuskan untuk minum obat-obatan cobalah dulu atasi dengan perbanyak minum air dan istirahat.

Untuk mempercepat proses penurunan panas atau demam campurkan ½ gelas air hangat dengan 1 gram daun sambiloto yang sudah ditumbuk halus. Selain dikonsumsi langsung, daun ini juga bisa digunakan sebagai kompres.

3. Pereda Sakit Kepala

Sakit kepala bisa sangat mengganggu aktivitas dan konsentrasi. Beberapa penyebab sakit kepala antara lain infeksi, kelelahan, kurang tidur, atau otot tegang.

Kandungan dalam dalam daun sambiloto diketahui memiliki efek sebagai bahan pereda nyeri. Untuk bisa merasakan khasiatnya buatlah minuman seperti ramuan sambiloto untuk mengatasi demam.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan, tanaman herbal ini juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah merah.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, obat tradisional satu ini efektif meredakan nyeri termasuk sakit tenggorokan. Selain itu sambiloto juga bisa melawan infeksi bakteri yang penyebab radang tenggorokan.

Berikut beberapa rekomendasi obat herbal yang mengandung ekstrak sambiloto pilihan kami: 

1. Sekar Utami Sambiloto

2. Borobudur Sambiloto


3. Tazakka Sambiloto

4. Sidomuncul Sambiloto