null

Daun Seribu - Manfaat untuk Kesehatan

Diposting oleh RK on 4th May 2019

Daun seribu atau Achillea millefolium adalah salah satu tanaman yang sering digunakan untuk bahan obat beberapa penyakit. Daun seribu tumbuh sebagai semak dengan tinggi kurang lebih 45 cm. Batangnya tidak berkayu, berbentuk bulat, berbuku, serta memiliki warna hijau.Daunnya termasuk daun majemuk dengan pertulangan daun menyirip. Struktur saunnya bercangap dan terduduk memeluk batang. Panjang daun sekitar 2 hingga 35 cm dan lebar antara 1 sampai 4 cm. Bunga dari tanaman daun seribu termasuk bunga majemuk yang terletak dibagian ujung tanaman. Berikut adalah manfaat daun seribu untuk kesehatan.


1. Amenorrhea Aid
Amenorrhea adalah kondisi menstruasi yang tidak normal. Kandungan kimia dari tanaman ini adalah flovonoid, minyak atsiri dan polivenol. Untuk mengobati sakit perut dan nyeri haid, yang digunakan adalah daunnya, yaitu dengan cara merebus daun dan meminum air rebusannya. Daun seribu dapat membantu melancarkan peredaran darah di daerah panggul, termasuk uterus, dan melancarkan menstruasi.


2. Membantu Menyembuhkan Luka dan Pendarahan
Kita sudah tahu bahwa daun seribu telah digunakan sejak dahulu kala untuk menyembuhkan luka. Daun ini punya kandungan yang disebut achilleine, yang berfungsi meredakan perdarahan. Selain meredakan perdarahan kandungan tersebut berfungsi mengurangi rasa nyeri. Kandungan antiseptik yang ada di daun seribu juga cepat menyembuhkan luka.


3. Meredakan Rasa Cemas
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 yang dipublikasikan oleh Journal of Ethnopharmacology, mengatakan daun seribu punya kandungan anti cemas. Mereka mencoba penelitian ini dengan memberikan ekstrak tanaman ini pada hewan dan menemukan bahwa efek anti cemas berlangsung secara jangka pendek dan jangka panjang.

4. Menyembuhkan Peradangan
Tanaman herbal yang kerap digunakan di Cina, Eropa, dan India ini bisa meredakan peradangan pada masalah kesehatan tertentu. Masalah kesehatan tersebut adalah peradangan pada usus dan reproduksi wanita. Hal ini karena, daun seribu memiliki kandungan yang terdiri dari flavonoids dan sesquiterpene lactones.

5. Melancarkan Pencernaan
Daun seribu dapat menyembuhkan masalah pencernaan seperti diare, flatulence, dan kram. Hal ini karena kandungan flavonoid tadi dapat meredakan kejang otot.

6. Menangani Tekanan Darah Tinggi dan Asma
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Phytotherapy Research pada 2013 mengatakan bahwa daun seribu punya kemampuan merendahkan tekanan darah tinggi, mengendurkan pembuluh darah dan melancarkan sistem pernafasan.

Obat Herbal Promo juga menyediakan produk obat herbal dengan kandungan daun seribu. Deltomed Herbana Balance Madia Menstrual Comfort 10 Kaplet Meredakan Nyeri Haid merupakan salah satu obat herbal alami yang diproduksi oleh PT. Deltomed Laboratories yang sangat efektif untuk meredakan nyeri haid dan melancarkan siklus haid. Diramu dari ekstrak tanaman herbal pilihan seperti kunyit, daun seribu, daun sembung, jinten hitam, dan jahe pilihan berkualitas. Kandungan kurkumin pada kunyit akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada saat haid. Kunyit juga merupakan sumber estrogen yang akan melancarkan siklus haid jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan kimia dari daun seribu adalah flovonoid, minyak atsiri dan polivenol yang bermanfaat untuk meredakan nyeri haid. Jinten hitam bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan ginekologi pada wanita seperti nyeri haid, keputihan dan masalah pada rahim. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.