null

Ginkgo Biloba, Herbal yang Bermanfaat untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Diposting oleh EK on 10th Aug 2019

Ginkgo Biloba, mungkin kita tidak asing dengan tumbuhan obat ini. Ginkgo biloba termasuk salah satu pohon tertua yang masih hidup didunia. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai "tumbuhan fosil". Menurut para arkeolog, tumbuhan ini diperkirakan tumbuh sejak kurang lebih 190 juta tahun yang lalu. Lalu menurut para ahli pengobatan Cina, ginkgo biloba direkomedasikan sebagai salah satu tumbuhan obat yang sangat manjur. 

(sumber: drweil.com)


Ginkgo Biloba mengandung antioksidan yang mampu berkerja di pusat sistem peredaran darah termasuk mata, telinga, dan otak. Tidak hanya itu, ginkgo biloba juga dikenal sebagai tanaman yang dapat membantu mengobati kondisi mental tertentu karena sifat anti-peradangannya yang dapat mempengaruhi neurotransmitter di otak. Untuk mengetahui manfaat lain dari ginkgo biloba, berikut beberapa manfaat kesehatan ginkgo biloba:

Manfaat kesehatan Ginkgo Biloba

  • Sumber Antioksidan yang sangat baik

Antioksidan sangat penting untuk tubuh manusia. Ginkgo biloba kaya akan antioksidan yang memiliki fungsi yang menonjol untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Ginkgo biloba dapat menjadi solusi alami untuk meningkatkan fungsi otak seperti memiliki memori yang lebih baik.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menurut beberapa penelitian ilmiah, ginko biloba memiliki kemampuan signifikan dalam meningkatkan sirkulasi darah. Itulah mengapa dalam pengobatan tradisional Cina, ginkgo biloba digunakan untuk membuka 'saluran' menuju beberapa organ seperti jantung, ginjal, hati dan otak.

  • Mengurangi Kecemasan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kecemasan. Dalam suatu penelitian ilmiah telah menunjukkan seberapa efektif ginkgo biloba dalam mengurangi gejala kecemasan. Studi yang sama menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi gejala kecemasan.

  • Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Ginkgo biloba dapat menjadi obat untuk mengobati sakit kepala atau migrain.

  • Anti-Peradangan

Selain kaya akan antioksidan, ginkgo biloba juga merupakan sumber anti-inflamasi yang sangat baik. Ada banyak orang di luar sana yang tidak benar-benar menyadari fakta bahwa akar dari beberapa penyakit kronis seperti jenis diabetes tertentu, kesehatan jantung bahkan kanker disebabkan oleh peradangan.

  • Baik untuk Kesehatan Jantung

Ginkgo biloba juga merupakan sumber mineral penting seperti potasium. Manfaat kesehatan utama potasium adalah menghilangkan natrium yang berlebihan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi gejala tekanan darah tinggi.

  • Mengurangi Gejala Depresi

Melalui beberapa penelitian pada hewan, ginkgo biloba telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala depresi karena sifat anti-peradangannya. Namun, Anda harus tahu bahwa depresi adalah kondisi yang rumit sehingga tergantung pada ginkgo biloba untuk mengobatinya tidak dianjurkan.

  • Dapat Meningkatkan Kemampuan Fungsional untuk Pasien dengan Alzheimer Ringan

Ada beberapa tahapan Alzheimer dan ginkgo biloba yang telah terbukti memiliki kemampuan dalam meningkatkan kemampuan fungsional pasien dengan Alzheimer. Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan, itu hanya bekerja pada pasien yang masih dalam tahap ringan Alzheimer.

  • Dapat membantu menyembuhkan penyakit pernafasan

Salah satu penyakit pernapasan umum yang tidak mudah diobati adalah asma. Meskipun ginkgo biloba tidak secara ajaib menyembuhkan asma tetapi telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala asma.

  • Mengurangi Gejala PMS

Gejala PMS bisa disebabkan oleh faktor fisik dan psikologis. Ginkgo biloba dapat mengobati kondisi fisik dan psikologis. Sebuah penelitian yang dilakukan di kalangan mahasiswa, mengonsumsi ginkgo biloba untuk mengurangi gejala PMS mencapai 23% pengurangan, dibandingkan dengan tempat yang hanya 8-9%.

  • Mengobati Disfungsi Seksual

Libido rendah atau disfungsi ereksi adalah jenis disfungsi seksual yang dapat diobati menggunakan ginkgo biloba. Berdasarkan penelitian, kemampuan ginkgo biloba untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah alasan mengapa tanaman herbal ini bagus untuk mengobati disfungsi seksual.


Cara Mengolah Ginkgo Biloba menjadi Obat Herbal

Mengolah daun ginkgo biloba sebagai teh herbal

  1. Siapkan 5 lembar daun Ginkgo Biloba
  2. Seduh dengan air hangat sebanyak 100 ml
  3. Diminum 1x sehari untuk anak-anak, dan dewasa 3x sehari. Minum secara rutin sampai membaik

Obatherbalpromo juga menyediakan obat herbal dengan bahan dasar ginkgo biloba yaitu Sido Muncul Ginkgo Biloba 30 Kapsul. Sido Muncul Ginkgo Biloba 30 Kapsul merupakan obat herbal alami yang terbuat dari ekstrak daun Ginko Biloba yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta mencegah stroke. Diramu menggunakan bahan alami terstandarisasi yaitu daun ginko biloba. Daun ini memiliki fungsi menghambat terbentuknya radikal oksigen yang reaktif. Lalu mempunyai sifat penetral radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah bahkan menambah elastisitas pembuluh darah. Ginkgolida B yang terkandung merupakan antagonis PAF, mencegah pengentalan darah sehingga meningkatkan kelancaran aliran darah otak, maupun perifer, meningkatkan penyediaan oksigen maupun zat-zat makanan. Karenannya efektif mengatasi kemunduran otak seperti sulitnya berkonsentrasi dan daya ingat, kurang percaya diri, kelelalahan serta kurangnya kebugaran.

Produk Sido Muncul Ginkgo Biloba diproses secara modern dan higienis, serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya. Untuk pemesanan silahkan langsung pesan melalui website ini atau menghubungi kami WA/SMS/TELP +6281 998 998 000.

Sumber:
https://www.healthline.com/nutrition/ginkgo-biloba...
Wong, M. Ferry.2010. Pijat Untuk Mencerdaskan Otak dan Meningkatkan Daya Ingat. Jakarta: Penebar Plus+