null

Hindari Kebiasaan Ini Untuk Mencegah Penyakit Wasir

Diposting oleh OHP on 23rd Jul 2022

Wasir atau Hermoroid adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah vena di rektum atau anus. Biasanya wasir tidak menimbulkan gejala atau rasa nyeri. Namun, pada kasus yang ringan pun, beberapa tanda dan gejala wasir mungkin dapat dirasakan. Sementara itu, pada kasus yang parah wasir dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, terutama saat buang air besar. Hal tersebut tentu dapat menghambat aktivitas pengidapnya.

Berikut 7 kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit wasir

1. Minum banyak air putih

Minum air putih membantu melunakkan feses sehingga kamu tidak perlu terlalu mengejan. Ini karena kebiasaan mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir. minum air putih harus tercukupi yaitu 2 liter atu 8 gelas per hari.

2. Perbanyak konsumsi serat

Banyak makan sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu melancarkan buang air besar.

3. Hindari menunda buang air besar

Semakin lama feses tidak dikeluarkan, maka penyerapan air oleh usus semakin banyak. Akibatnya feses menjadi lebih keras dan kering. Hal ini memaksa kamu untuk mengejan kuat saat buang air besar dan berakibat wasir.

4. Berolahraga teratur

Berolahraga secara rutin juga dapat mencegah sembelit, membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

5. Hindari obat-obatan tertentu.

Hindari obat-obatan yang memiliki efek samping sembelit, contohnya obat-obatan yang mengandung codein.

6. Hindari duduk terlalu lama

Kebiasaan ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

7. Jaga area anus tetap bersih dan kering

kebersihan disekitar daerah anus harus tetap diperhatikan terutama setelah selesai buang air besar dan kecil.

Selain mengjindari kebiasaan diatas juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal yang diolah dari tanaman alami yang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mencegah penayakit wasir seperti produk dari Borobudur Herbal yaitu Borobudur Herbal Wasir 12 Kapsul Obat Wasir - 6 Box.

Borobudur Herbal Wasir 12 Kapsul Obat Wasir - 6 Box