null

Kenali Asam Urat dan Batas Normalnya

Diposting oleh kdwnm on 17th Mar 2022

Asam urat merupakan penyakit peradangan sendi yang menimbulkan rasa nyeri yang datang secara tiba-tiba. Penyakit ini dapat menyebabkan bengkak kemerahan pada beberapa bagian tubuh yang mengalami peradangan. Penyakit persendian ini sangat rentan dialami oleh pria dengan kisaran umur 30-50 tahun. Karena secara alami, jumlah kadar asam urat yang dimiliki oleh tubuh pria cenderung lebih tinggi dibanding wanita.

Batas Normal Kadar Asam Urat

Batas Normal Kadar Asam Urat setiap orang berbeda-beda. Batas normal kadar asam urat pada pria yaitu 4,0 hingga 8,5 mg/dL, Sedangkan kadar asam urat yang terbilang normal pada wanita adalah 2,5 hingga 7,5 mg/dL.

Seorang rheumatologist dari Rush University Medical Center, Sarah Everakes, MD, mengatakan bahwa asam urat merupakan salah satu penyakit artritis yang paling menyakitkan. Di Amerika, asam urat menjadi penyakit yang dialami oleh 6,1 juta orang dewasa. Bahkan di Indonesia sendiri, WHO telah mendata penderita gangguan sendi mencapai 81% dari populasi.

Faktanya setiap orang berpotensi mengalami penyakit ini tergantung usia dan berat badannya. Namun, sebagian besar orang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih cenderung lebih mudah terjangkit, seperti yang dijelaskan oleh John Reveille, MD, direktur rematologi di University of Texas Health Science Center, Houston.

Meski begitu, gout attack atau hiperuricemia dapat ditangani dengan pengobatan medis. Melihat fakta tersebut, semakin bertambahnya umur ada baiknya Anda lebih berhati – hati terutama dalam menerapkan pola hidup demi mencegahnya asam urat sejak dini.

Klik disini untuk rekomendasi obat asam urat pilihan kami.