null

Kenali GERD dan Solusi nya dengan Herbal

Diposting oleh kdwnm on 27th Oct 2021

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung : naiknya asam lambung yg ditandai dengan nyeri dan sensasi panas dan terbakar di dada, sehingga sangat tidak nyaman dirasakannya sampai mulut. Di masyarakat GERD ini sudah menjadi masalah umum yg diderita, penyebab dari GERD ini beragam, simak penjelasannya di bawah. 


Penyebab GERD salah satunya adalah tidak berfungsinya lingkar otot ( lower esophageal sphinchter / LES) pada bagian bawah esofagus yang bertugas sebagai ‘penjaga gerbang’.Ketika sedang makan, otot ini akan rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam lambung. Setelah makanan lewat, maka lingkar otot akan segera menutup utk menghambat makanan yg masuk tidak keluar lagi.

Jika lingkar otot menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari lambung menuju ke esofagus dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Bagaimana cara penangannya ? 

  • Atur pola pikir, pola makan pola hidup
  • Herbal yg bisa membantu terkait dengan penyebab bisa diaplikasikan sesuai keadaan. Beberapa tanaman obat di bawah ini dapat diminum : kunyit, temulawak, jahe, pegagan, kunir putih dan rumput mutiara. Semua bersifat anti radang, kecuali karena hamil harus hati2 memberikan herbal.
  • Dikombinasi dengan senam nafas teratur, utk memberi energi dan melatih otot pencernaan.
  • Terapi akupunktur
  • Management stress

Cek beberapa obat herbal yang bermanfaat untuk menangani penyakit GERD disini