null

Ketepeng Cina - Tanaman Hias dengan Segudang Manfaat

Diposting oleh RK on 8th Nov 2019

Tanaman Ketepeng atau Ketepeng Cina (Cassia alata) adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan Amerika tropik.Ketepeng termasuk jenis tanaman perdu, Memiliki daun berbentuk bulat telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bagian bawah, serta memiliki bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.

Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan Tanaman Keteprng memiliki banyak manfaat bahkah sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Ketepeng Cina memiliki banyak sebutan diantaranya Seven golden candlestick (Inggris), Kupang-kupang (Ternate), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Ketepeng Badak (Sunda), dan Sajamara (Halmahera).

Pada tanaman ketepeng bagian daunlah yang memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak senyawa kimia seperti Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun ketepeng memiliki rasa pedas dan hangat sehingga dapat difungsikan untuk insektisidal, dapat mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh parasit kulit.

Flavanoid, karbohidrat, alkaloid, antrakuinon, saponin, tannin, adalah beberapa kandungan yang terdapat pada daun ketepeng. Dipercaya sejak dulu sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit, daun ketepeng biasa dijadikan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah. Sulit didapat di zaman sekarang, daun ketepeng menjadi solusi efektif mengatasi keluhan penyakit selain panu, kadas dan kurap.

Berikut uraian singkat menganai khasiat daun ketepeng

  1. Ampuh Membasmi Cacingan
    Selain berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit, daun ketepeng juga dipercaya mujarab mengatasi cacing kremi. Tak hanya dialami anak-anak, orang dewasa juga bisa terjangkiti cacing kremi karena pencernaan yang kurang sehat. Wajib mengonsumsi makanan sehat, maka kesehatan pencernaanmu akan senantiasa sehat walafiat.
  2. Mengatasi Perut Kembung
    Daun ketepeng juga dipercaya mampu mengatasi perut kembang dengan cepat, lho. Kondisi gangguan perut kembung yang membuat nafsu makan terganggu memang biasanya akan membuat aktivitasmu menjadi terhambat. Konsumsi daun ketepeng secara teratur, maka perut kembung akan cepat teratasi dengan mudah.
  3. Mengatasi Sariawan
    Seenak dan semahal apapun makanan, kamu tidak akan bisa menikmatinya saat kamu menderita sariawan. Gejala panas dalam yang ditandai dengan pembengkakan pada bagian bibir ini akan terasa menyiksa seiring dengan lamanya pengobatan. Untuk menyiasatinya, kamu perlu mencoba daun ketepeng untuk mengobatinya.
  4. Mengobati Luka Akibat Gigitan Ular
    Luka akibat gigitan ular bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Daun ketepeng menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi luka akibat gigitan ular yang biasanya menyerang sistem imun tubuh. Terutama bagi seorang petualang, maka kamu perlu menjaga diri dari kemungkinan tergigit oleh ular di tempat traveling yang kamu singgahi.
  5. Melancarkan Urine
    Kurang lancarnya pengeluaran urine bisa berakibat pada timbulnya penyakit-penyakit yang lain. Selain minum air putih yang cukup, kamu bisa juga mencoba mengatasi tersendatnya buang air kecil dengan daun ketepeng. Konsumsi secara teratur, maka pengeluaran urine-mu bisa tetap lancar dan waktu istirahatmu pun bisa terjaga dengan baik.

Berikut cara mengolah daun ketepeng untuk obat

  • Untuk mengobati Panu, Kurap, dan Eksema
    1. Caranya : Ambil sekitar 1 genggam daun ketepeng cina segar dan sedikit tawas atau 1 sdm kapur sirih, lalu lumatkan, setelah itu gosokan dengan kuat pada kulit yang terkena panu, kurap, dan eksema. Lakukan hal ini sebanyak 2 x sehari.
    2. Caranya : Tumbuk hingga halus daun ketepeng Cina dab bawang putih lalu baluskan pada bagian yang terkena panu atau penyakit kulit lainnya.
  • Untuk mengobati Sembelit
    Caranya: Rebuslah daun ketepeng muda sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah itu minumlah ramuan tersebut.
  • Untuk mengobati Sariawan
    Caranya: Kunyahlah sekitar 4 lembar daun ketepeng yang sudah dicuci dengan garam secukupnya seperti mengunyah sirih selama beberapa menit, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya.

obatherbalpromo.com juga menyediakan obat herbal untuk penyakit kulit dengan bahan dasar daun ketepeng yaitu Dami Sariwana Negatal 18 Kapsul. Diramu dari bahan-bahan alami seperti kulit batang pulai, daun pepaya, daun ketepeng, dan daun sambiloto pilihan berkualitas. Kulit batang pulai mengandung zat saponin yang dapat membunuh bakteri penyebab gatal. Daun pepaya mengandung senyawa yang dapat membersihkan darah dan memperbaiki sirkulasi darah. Kandungan utama pada daun ketepeng adalah sari pati yang dipercaya dapat mengatasi gatal. Daun sambiloto memiliki khasiat antipiretik, antiinflamasi dan antiradang yang dapat menyembuhkan gatal dan alergi. Dami Sariwana Negatal diproses secara higienis dan modern serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya.