null

Khasiat Daun Sendok untuk Kesehatan

Diposting oleh kdwnm on 19th Aug 2022

Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Manfaat daun sendok untuk kesehatan menurut medis salah satunya adalah dapat mengobati batu ginjal. Namun, mengonsumsi daun sendok tidak boleh berlebihan, karena bisa memicu efek samping, seperti sakit tenggorokan. Manfaat daun sendok untuk kesehatan Daun sendok memiliki nama latin Plantago major. Di luar negeri, tumbuhan ini dikenal dengan julukan broadleaf plantain. Daun yang menyerupai sendok makan ini berasal dari pohin ki urat yang bisa tumbuh di berbagai tempat, mulai dari taman bermain hingga lahan parkir. Itulah sebabnya, daun sendok masih sering dipandang sebelah mata. Tidak hanya bisa dimakan, ternyata manfaat daun ki urat atau daun sendok telah dipercaya selama ratusan tahun dalam dunia medis tradisional. Faktanya, manfaat daun ki urat tak lepas dari komponen antiinflamasinya. Bahkan, manfaat daun ki urat juga dipercaya melancarkan sistem pencernaan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka. Supaya tak terkecoh, kenali dulu penjelasan ilmiah dan berbagai riset mengenai manfaat daun sendok untuk kesehatan. 

1. Mengatasi peradangan 

Menurut beberapa riset, manfaat daun sendok datang dari kandungan anti-inflamasinya, seperti flavonoid, terpenoid, glikosida, dan tanin. Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau ekstrak daun sendok dapat mengatasi peradangan akibat kerusakan pada organ hati. Sebuah penelitian serupa juga menjelaskan bahwa manfaat daun sendok bisa mengatasi peradangan dan mengurangi enzim hati untuk menjaga hati dari kerusakan. Namun riset lebih lanjut pada manusia masih harus dilakukan untuk memperkuat penemuan ini. 

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker 

Manfaat daun ki urat selanjutnya adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah tes tabung, para ahli tidak hanya menemukan kehebatan manfaat daun ki urat dalam mengatasi peradangan, tapi juga menghambat sel kanker bertumbuh kembang. Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih tetap dibutuhkan untuk membuktikan manfaat daun yang satu ini. 

3. Berpotensi mempercepat proses penyembuhan luka 

Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa daun sendok juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka, dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan mikroba, serta meredakan nyeri. Faktanya, sebuah riset yang melibatkan 40 responden menemukan bahwa gel yang mengandung lidah buaya dan daun sendok bisa memicu perbaikan jaringan tubuh pada penderita ulkus di kaki. Walau demikian, hasil riset tentang khasiat daun sendok ini masih sulit disimpulkan karena menggunakan lidah buaya juga. 

4. Melancarkan sistem pencernaan 

Berdasarkan riset, manfaat daun sendok juga dipercaya dapat memperlambat pergerakan saluran pencernaan, sehingga gerakan usus menjadi lebih teratur dan diare dapat diatasi. Sebuah riset pada tikus juga menemukan, ekstrak daun sendok dapat memicu proses penyembuhan maag. Ditambah lagi, penelitian pada hewan lainnya juga membuktikan bahwa daun sendok bisa mengatasi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena mengandung komponen anti-inflamasi. Perlu ditegaskan, berbagai manfaat daun ki urat di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Apalagi, manfaat daun ki urat ini hanya didasari oleh penelitian pada hewan uji. 

5. Mengobati batu ginjal 

Batu ginjal adalah penyakit yang bisa diatasi dengan operasi maupun pengobatan herbal. Menurut penelitian, ekstrak daun sendok atau Plantago mayor L dianggap dapat mengatasi gangguan saluran kemih pada manusia. Daun sendok mengandung senyawa kimia seperti plantagin, aukubin, asam ursolat, epignin, beta sitosterol, hingga vitamin A, C, B1 dan kalium. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan, berkat berbagai kandungan tersebut, batu ginjal yang direndam dalam sari daun sendok mengalami peluruhan pada konsentrasi rendaman hingga 80%.

Sekar Utami Toga Daun Sendok 45 KapsulObat Batu Ginjal dan Sakit Pinggang merupakan salah satu obat herbal dari bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan sakit pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal. Dibuat dari tanaman obat tradisional daun sendok pilihan yang diproses secara modern dan higienis tanpa tambahan bahan kimia, serta dikemas dalam bentuk kapsul sehingga praktis untuk dikonsumsi. Daun sendok merupakan gulma di perkebunan teh dan karet, dan dianggap dapat mengatasi gangguan saluran kemih pada manusia. Kandungan kimia daun sendok salah satunya adalah kalium yang bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandung kemih.