null

Khasiat Tersembunyi Daun Patikan Kebo yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Diposting oleh hnf on 9th Apr 2021

Euphorbia hirta atau daun patikan kebo adalah salah satu tanaman gulma yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman daun patikan kebo ini biasa digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan. Mulai dari asma, bronkitis, dan dada yang terasa sesak dan radang tenggorokan. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti mengatasi masalah pencernaan, hingga baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Manfaat Daun Patikan Kebo Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Asma

Daun patikan kebo dipercaya dapat mengobati asma karena daun ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur. selain itu juga mengandung flavonoid, stereol, dan titerpenoid sehingga mampu mengobati gangguan asma. Hal tersebut dikarenakan pada tanaman ini ditemukan kandungan yang mirip dengan obat antiastetik yang memberikan efek rileks terhadap saluran udara (bronkus). Obat antiastatik biasa digunakan untuk membantu mengurangi gejala asma.

Selain asma, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk sakit tenggorokan, batuk kronis, dan bronkitis. 

2. Menyehatkan Kulit

Daun patikan kebo mampu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang aliran darah ke kulit. Hal tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat menumbuhkan sel-sel baru.

Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan salep atau krim dengan kandungan daun patikan kebo untuk kulit yang lebih sehat. Daun yang satu ini juga diketahui dapat memperlambat proses penuaan kulit. 

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Pada sebuah penelitian dari India yang mengujicobakan tanaman ini pada tikus menunjukkan daun patikan kebo dapat mengurangi gejala infeksi telinga. Selain itu, patikan kebo juga dipercaya membantu mengobati infeksi mata dan mengurang gejala konjungtivitis.

Walaupun belum ada uji coba daun patikan kebo langsung kepada manusia, meraciknya hingga menjadi ekstrak yang bisa dipakai bisa Anda lakukan untuk digunakan sebagai nutrisi tambahan. 

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi air rebusan daun patikan kebo dapat mengatasi masalah pencernaan karena Senyawa yang terkandung di dalam tanaman tersebut menurut penelitian efektif untuk melancarkan pergerakan usus sehingga gejala diare dan rasa tidak nyaman lainnya pada perut bisa diredakan.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma

Daun patikan kebo bisa meningkatkan kualitas sperma, baik dari segi motilitas maupun usia hidup sperma. Akan tetapi, efektivitas tanaman herbal tersebut dalam meningkatkan kualitas sperma baru berhasil pada hewan domba Afrika. Penelitian lebih lanjut dengan objek manusia tentunya diperlukan untuk menguji kebenaran manfaat dari daun patikan kebo ini.

Banyak manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi daun patikan kebo bagi kesehatan tubuh. anda dapat memperoleh daun patikan kebo secara praktis lewat produk dari Borobudur Herbal yaitu Borobudur Herbal Patikan 100 Kapsul. obat herbal dari borobudur ini diramu dari patikan kebo pilihan berkualitas yang diolah secara modern dan melaluii pengawasan herbalis profesional serta produk sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin.

Dapatkan produk di obatherbalpromo.com

Borobudur Herbal Patikan 100 Kapsul Obat Radang Tenggorokan

sumber: hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-daun-patikan-kebo/