null

Kombinasi Daun Sambiloto dan Herbal Imunomodulator sebagai penunjang Daya Tahan Tubuh

Diposting oleh kdwnm on 13th Feb 2021

Pandemi COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda akan segera mereda. Untuk itu, masyarakat butuh senantiasa disiplin melakukan protokol pencegahan, mengupayakan kebiasaan hidup sehat, serta menjaga daya tahan tubuh salah satunya dengan menggunakan obat herbal.

Sistem daya tahan tubuh manusia terdiri dari sistem kekebalan alami (innate immune) dan sistem kekebalan adaptif (adaptive immune). Untuk dapat mengaktifkan mekanisme pertahanan alami maupun adaptif, kita dapat memanfaatkan imunomodulator yang merupakan zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun untuk mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Sambiloto, Si Raja Pahit Penangkal Penyakit

Sambiloto (Andrographis Paniculata) yang lebih dikenal dengan sebutan Raja Pahit, atau jika di daerah jawa dikenal bahan untuk membuat rebusan paitan, memiliki banyak sekali khasiat yang sudah banyak dibuktikan secara empiris maupun ilmiah. Secara empiris, sambiloto secara tradisional digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anti diare, gangguan hati, dan anti bakteri. Sementara itu berdasarkan bukti ilmiah, sambiloto diteliti berhasil meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, memiliki aktivitas antidiabetes, antidiare, anti demam, anti fertilitas, gangguan liver, dan anti bakteri.

Sebagai antivirus, sambiloto dapat meningkatkan aktivitas fagositosis sel limfosit yang dapat mengendalikan virus. Tak hanya itu, sambiloto juga berperan dalam imunostimulan. Kandungan andrografolid dalam sambiloto mampu mencegah penularan virus ke sel lain dan menghentikan perkembangan penyakit dengan memodifikasi sinyal seluler tereduksi. Andrografolid merupakan komponen aktif utama dalam herba sambiloto.

Adapun aktivitas farmakologi lain diantaranya sebagai imunosupresan, antitrombotik, antivirus, antioksidan serta antiinflamasi. Andrografolid sebagai antiinflamasi dan antioksidan bekerja terhadap berbagai sel tubuh dengan mekanisme yang spesifik. Penelitian lain pun menunjukkan pemberian andrografolid pada hewan dapat menstimulasi produksi antibodi.

Kombinasi Herbal

Kombinasi jahe merah, sembung, meniran dan sambiloto sebagai inovasi herbal imunomodulator bersinergi dalam proteksi imunitas. Beberapa herbal yang memiliki khasiat sebagai imunomodulator jika disatukan dalam satu sediaan akan bersinergi dalam meningkatkan imunitas tubuh. Di antaranya adalah kombinasi jahe merah, sembung, meniran dan sambiloto.

Kombinasi keempat herbal asli Indonesia tersebut berfungsi memulihkan respon imun, menekan peradangan, serta melawan infeksi virus. Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa masyarakat diimbau untuk dapat menjaga daya tahan tubuh pada kondisi pandemi seperti ini dengan mengkonsumsi imunomodulator yang seimbang. Baik dari fungsinya sebagai imunostimulan maupun imunosupresan.Imunosupresan adalah substansi yang menstimulasi sistem imun dengan meningkatkan aktivitas komponen sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit. Sementara imunosupresan merupakan substansi yang dapat menekan respon imun yang berlebihan. Oleh karena itu, dibutuhkan keseimbangan, yaitu kegunaan imunostimulan dan imunosupresan yang cukup. Dengan begitu, imunomodulator yang dikonsumsi tidak akan menimbulkan efek samping meski dimakan secara rutin dalam jangka panjang.

Sederet manfaat kesehatan dari sambiloto dan sinergi dengan tiga herbal lainnya bisa Anda dapatkan dalam Borobudur Herbal Sambiloto 60 Kapsul Antivirus Obat Diabetes Radang Tenggorokan yang merupakan salah satu obat herbal alami yang sangat efektif untuk mengobati kencing manis, radang tenggorokan serta anivirus dan penunjang daya tahan tubuh. Sambiloto diramu dari tanaman sambiloto pilihan berkualitas. Andrographolide merupakan zat aktif utama dalam sambiloto yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sambiloto juga mampu menghambat produksi nitric oxide (NO) sebagai radikal bebas yang bertanggungjawab dalam proses terjadinya peradangan. Sambiloto dari Borobudur Herbal dikemas dalam bentuk kapsul dan diproses secara higienis dan modern dengan pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya. 

Borobudur Herbal Sambiloto 60 Kapsul Antivirus Obat Diabetes Radang Tenggorokan