null

Kunir Putih Tanaman Obat Anti Kanker dan Tumor

Diposting oleh Obat Herbal on 20th Sep 2018

Kunir putih adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika tanaman ini disebut-sebut sebagai tanaman obat yang menjanjikan prospek baik di masa mendatang. Dengan banyak khasiat yang ditawarkan, temu putih semakin dibutuhkan oleh banyak konsumen. Kunit putih memiliki nama ilmiah Curcuma alba L. Di Indonesia sendiri nama kunir putih bermacam-macam seperti temu putih (Melayu), kunir putih (Jawa & Yogyakarta). Kunir putih memiliki beberapa kandungan bahan kimia pada rimpang ataupun daunnya yaitu saponin dan polifenol. Dengan kandungan tersebut kunir putih memiliki efek farmakologis diantaranya anti inflamasi, sebagai penambah nafsu makan, menghentikan pendarahan dan sebagai antineoplastik (merusak pembentukan ribosom pada sel kanker).

Manfaat/ Kegunaan Kunir Putih:

  • Sebagai antikanker
  • Melancarkan menstruasi
  • Mengatasi nyeri haid
  • Sebagai anti diare
  • Sebagai antioksidan dan anti mikroba
  • Imunostimulan
  • Hepatoprotektor
  • Anti inflamasi

Penelitian mengenai Kunir Putih

Penelitian Chan Minyi dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs, kunir putih memiliki aktivitas yang lebih tinggi untuk mengatasi kanker dan tumor. Menurut American Institute Cancer Report (New Yeork Time) dan oleh pakar Fakultas Farmasi PAU (Pusat Antar Universitas) Bioteknologi, serta PPOT UGM Yogyakarta disebutkan bahwa kunir putih mengandung RIP (Ribosom Inacting Protein), yang memiliki fungsi menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya, dan memblokir pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan dalam kunir putih berfungsi mencegah terjadinya kerusakan gen, sedangkan kandungan kurkumin sebagai anti inflamasi.

Selanjutnya penelitian Latifah E dari Departemen Farmasi ITB pada tahun 2002 telah melakukan pengujian aktivitas ekstrak rimpang kunir putih pada mencit normal dan mencit yang ditekan imunannya dengan siklofosfamid. Hasil uji kunir putih dapat meningkatkan indeks fagositik dan jumlah leukosit secara bermakna pada mencit normal. Sedangkan pada mencit yang ditekan, kunir putih mampunmemperbaiki sistem imun yang ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas lisozim eksudat peritoneal, jumlah leukosit total, dan antibodi primer dan sekunder secara bermakna.

Cara Pengolahan Kunir Putih sebagai Obat Herbal Antikanker dan Tumor

  1. Pemakaian untuk diminum: 1 sendok tepung kunir putih yang diseduh dengan 1/2 gelas air panas (100cc) kemudian diendapkan. Diminum airnya saja sehari sekali. Cara lain yaitu dengan merebus rimpang kering sebanyak 10 s/d 20 gram kemudian diminum air rebusannya sehari sekali.
  2. Pemakaian luar: Kunir putih dapat juga sebagai obat memar atau bengkak. Caranya dengan menggunakan rimpang induk kunir putih segar. Siapkan rimpang induk kunir putih yang telah dicuci bersih lalu ditumpuk sampai halus. Jika menggunakan rimpang kering, dapat ditambahkan sedikit air. Tempelkan tumbukan pada bagian tubuh yang memar atau bengkak, lalu dibalutkan.

Kunir putih sebagai antikanker

Rimpang kunir putih mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai antitumor dan anti-inflamasi (antiradang). Selain itu kunir putih juga memiliki kandungan saponin. Saponin berkhasiat sebagai antineoplastik (antikanker) dan polifenol berfungsi sebagai antioksidan. Kunir putih sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat kanker dan tumor. Saat ini sudah banyak tersedia kunir putih dalam bentuk kemasan instan yang siap diseduh dan dikonsumsi. Ada juga kunir putih yang tersedia dalam bentuk kapsul, tepung, rimpang kering, sirup dan manisan. Obatherbalpromo juga menyediakan obat herbal berbahan kunir putih yaitu Tazakka Kunir Putih 60 Kapsul