null

Manfaat Alang Alang Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Diposting oleh EK on 2nd Nov 2019

Alang alang memiliki nama Ilmiah Imperata cylindrica. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di tanah. Jika anda ingin menanam alang-alang anda hanya perlu merawatnya dengan menyiram dengan air, menjaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Untuk memperbanyak alang-alang dapat dengan dilakukan dengan rimpang dan akar tinggal. Di Indonesia alang-alang sendiri memiliki banyak nama yaitu, alang-alang (Jawa), ki eurih (Sunda), lalang (Madura), ambengan (Bali), halalang (Kalimantan), neleleng laku (Aceh), rih (Batak), alalang (Minangkabau), lioh (Lampung), dan kalepip (Irian).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Alang-alang

Alang-alang memiliki beberapa kandungan bahan kimia seperti manitol, glukosa, sukrosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol. Dengan kandungan bahan kimia tersebut, alang-alang memiliki rasa manis dan bersifat sejuk.
Efek farmakologis dari alang-alang yaitu sebagai penurun panas, peluruh kencing (diuretik), menghentikan pendarahan (hemostatik), dan menghilangkan haus. Bagian tumbuhan dari alang-alang yang sering digunakan adalah akar alang-alang. Akar alang-alang dapat dimanfaatkan dalam kondisi segar maupun kering. Akar alang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai permasalahan kesehatan dan penyakit. Penggunaannya dengan minuman alang-alang yang berbentuk seperti minuman teh. Lalu apa saja manfaat alang-alang dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan penyakit? Berikut ini beberapa manfaat dan cara mengolah alang-alang sebagai obat herbal

1. Mengobati Radang Ginjal Akut
Cuci bersih akar alang-alang segar 60-120 gr, lalu potong kecil-kecil.
Rebus potongan akar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring.
Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

2. Mengobati Hepatitis akut menular
Cuci bersih akar alang-alang kering sebanyak 60 gr, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan pengobatan selama 10 hari.

3. Mengobati Kencing Berdarah
Cuci bersih akar alang-alang segar sebanyak 100 gr, potong kecil-kecil lalu rebus dengan 8 gelas air Setelah tersisa 4 gelas, bagi menjadi 3 bagian yang sama untuk diminum 3 kali sehari.

4. Mengobati Kencing Nanah
Cuci akar alang-alang segar 30-60 gr sampai bersih, lalu potong kecil-kecil.
Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum sekaligus 1 kali sehari. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

5. Mengobati mimisan
Cuci bersih akar alang-alang segar secukupnya, tumbuh, lalu peras untuk memperoleh air sebanyak 100 ml. Saring air perasannya lalu minum sekaligus 1 kali sehari. Selain dengan cara tersebut, kita dapat mengolah alang-alang dengan cara merebus potongan alang-alang sebanyak 30 gr dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut sekaligus hingga keadaan membaik.

6. Mengobati Muntah Darah
Cuci 30-60 gr akar alang-alang segar hingga bersih, potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin minum secara rutin sehari sekali.

7. Sebagai Peluruh Kencing
Cuci bersih akar alang-alang segar sebanyak 10 gr, lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan akar tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah dari air rebusan awal. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

8. Sebagai Obat Radang Tenggorokan
Cuci bersih akar alang-alang segar sebanyak 30 gr, potong menjadi bagian kecil-kecil. Rebus potongan akar tersebut dengan 3 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa setengah dari air rebusan awal. Dinginkan, saring, dan minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Minum secara rutin hingga radang membaik.

Perlu diketahui bagi penderita lambung lemah dan banyak kencing dilarang untuk meminum ramuan ini karena akan terjadi kontra indikasi. ObatHerbalPromo juga menyediakan obat herbal dengan bahan alang-alang seperti Dami Jamu Godogan Obat Radang Tenggorokan dan Griya Herba Teh Celup Alang-alang.