null

Manfaat Biji Kola Untuk Kesehatan

Diposting oleh RK on 22nd May 2019

Kola merupakan tanaman asli yang tumbuh di hutan hujan tropis Afrika, dan termasuk dalam famili Malvaceae, subfamili Sterculioideae. Spesies ini terkadang disebut sebagai pohon Kola atau kacang Kola, karena buahnya mengandung kafein. Kandungan buah ini telah diproduksi dan sering digunakan sebagai bahan penyedap minuman. Manfaat buah kola bukan hanya sekedar minuman penyegar, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan. Buah kola telah lama digunakan dalam campuran minuman ringan manis berkarbonasi dan digunakan sebagai pewarna karamel. Yang kita rasakan dalam minuman kola terbuat dari biji dan merupakan campuran dari lemon, kayu manis, dan vanila. Merek minuman kola yang terkenal antara lain adalah Coca Cola dan Pepsi. Minuman kola paling banyak diproduksi dari ekstraksi spesis Cola Acuminata (P.Beauv.) Schott et Endl. Spesis ini berasal dari Afrika Barat dan kemudian tersebar luas ke seluruh daerah tropis, termasuk Indonesia

Apa saja manfaat biji cola untuk kesehatan?

Meningkatkan metabolisme tubuh
Sebuah studi terbitan African Journal of Biotechnology bahwa berkat efek stimulannya yang memicu denyut jantung, ekstrak biji buah kola mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Seberapa cepat metabolisme tubuh Anda bekerja akan memengaruhi tingkat kesehatan Anda secara keseluruhan. stres, misalnya, dapat memperlambat kecepatan metabolisme tubuh Anda dengan melepaskan hormon kortisol. Akibatnya, nafsu makan Anda meningkat. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka Anda dapat mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini pada akhirnya dapat menyebabkan metabolisme tubuh Anda menurun. Risiko Anda terhadap banyak gangguan metabolisme, seperti obesitas dan diabetes, pun meningkat.

Menurunkan berat badan
Efek peningkatan metabolisme tubuh dari biji kola juga dapat menurunkan berat badan secara berkala. Manfaat ini bisa dicapai karena ekstrak kola membantu memperpanjang durasi anabolik dari metabolisme. mudahnya, proses anabolisme adalah proses pembentukan. Asupan makanan akan dikumpulkan tubuh untuk kemudian dibentuk menjadi suatu zat yang baru yang bisa digunakan tubuh untuk menjalani fungsinya. Proses ini terjadi ketika tubuh memperbaiki jaringan yang rusak, serta membangun dan menghasilkan berbagai hormon. Proses ini akan menghabiskan energi dari simpanan lemak, sehingga berat badan bisa turun.

Menjaga kesehatan pencernaan
Semua bagian kola, termasuk buah dan bijinya, dapat membantu mempercepat produksi asam lambung dan sangat membantu untuk merangsang pencernaan lebih cepat, manfaat lain dari kacang kola ini adalah menyehatkan pencernaan. Kacang kola mampu memperbanyak penyerapan nutrisi dari makanan yang dibutuhkan tubuh. Kacang kola pula dapat meredakan sembelit, kram perut, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kacang kola mampu menambah energi yang membuat Anda selalu segar dan mengurangi rasa lelah serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang kola mengandung senyawa volatile yang berfungsi mencegah infeksi bakteri dalam tubuh manusia. Pencegahan terhadap infeksi ini dapat juga mancegah timbulnya penyakit meningitis, bronkitis, dan TBC.

Mengatasi kanker prostat
Ekstrak biji kola mampu atasi kanker prostat. Selain itu, senyawa nonsteroid dari biji kola yang disebut phytoandrogens atau phytoestrogen, diketahui dapat menyebabkan reaksi berkesinambungan yang menyebabkan kematian sel kanker prostat. para ilmuwan juga menyatakan bahwa temuan ini bisa diterapkan karena telah dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut yang signifikan. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin konsumsi biji kola secara langsung untuk menghindari efek samping.

Mencegah infeksi
Pada jurnal Phytotherapy Research tahun 2004 menemukan bahwa ekstrak biji kola dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri, sehingga dapat mencegah dari infeksi. Beberapa jenis bakteri penyebab meningitis dan tuberculosis dipercaya mampu di atasi dengan 4-10 mikrogram per mililiter ekstrak biji kola.

Obat Herbal Promo juga menyediakan obat herbal berbahan dasar biji kola yaitu Dami Sariwana Sehat Pria 100 Pil Obat Stamina Pria. Secara tradisional digunakan untuk membantu memelihara kesehatan pria dan menyegarkan badan. Diramu dari bahan-bahan alami seperti ginseng, jahe, akar pasak bumi, dan biji kola pilihan berkualitas. Akar pasak bumi berfungsi untuk menjaga vitalitas pria dan meningkatkan libido pria dengan cara meningkatkan kadar testosterone. Tidak hanya itu, pasak bumi baik untuk meningkatkan stamina dan melancarkan sirkulasi darah. Jahe berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyegarkan tubuh. Biji kola mampu memicu denyut jantung dan menjaga jaringan metabolisme tubuh. Dami Sariwana Sehat Pria diproses secara higienis dan modern serta dikemas dalam bentuk pil sehingga praktis untuk dikonsumsi. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya.


source:
https://damisariwana.com/news/manfaat-biji-kola-u...

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat...