null

Manfaat dan Efek Samping Daun Jati Cina

Diposting oleh Obat Herbal on 2nd Oct 2017

jaticina.jpg

Daun jati cina atau yang lebih dikenal dengan daun senna atau Alexandria senna dengan nama ilmiah Cessai angustilofia. Daun senna atau daun jati cina ini telah digunakan sejak berabad-abad lamanya.

Beberapa dari kita mungkin pernah atau sering mendengar tentang manfaat teh daun jati cina yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Padahal manfaat daun jati cina tidak sebatas pada hal tersebut. Beberapa manfaat konsumsi daun jati cina antara lain;

  1. Zat laksatif alami yang membantu mengatasi masalah sembelit atau masalah konstipasi
  2. Mengatasi wasir atau ambeien setelah melakukan operasi rectal anal
  3. Pengosongan pada lambung sebelum melakukan foto rontgent.
  4. Sebagai anti pembengkakan atau anti inflamantoru
  5. Regenerasi sel yang baik
  6. Sebagai obat pencuci perut
  7. Proses detoksifikasi alami.

Walaupun dalam pemakaian yang teratur dan sesuai dosis daun jati cina tidak menimbulkan efek samping, namun tetap harus diperhatikan bahwa efek terhadap masing-masing individu bisa berbeda-beda. Meminum dengan dosis berlebih akan berdampak tidak baik pada ginjal. Daun jati cina juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita yang sedang mengalami menstruasi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan melakukan terapi teh daun jati cina, maka Anda harus berada dibawah pengawasan ahlu yang sudah wajar untuk dikonsumsi. Pasien biasanya harus mencermati dosis pemakaian yang sudah dianjurkan oleh sang ahli. Efek samping yang muncul jika minum teh daun jati cina dengan berlebihan adalah akan membantu organ ginjal Anda yang akan mengakibatkan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk penderita berat badan berlebih atau obesitas yang bisa berpeluang mengalami sakit ginjal atau juga sakit darah tinggi, maka sangat dianjurkan untuk minum teh daun jati cina dengan dosis yang benar dan juga tepat. Jika Anda sudah mengonsumsi teh daun jati cina, maka anda juga harus menyeimbangkannya dengan pola makan yang baik serta melakukan olahraga yang teratur untuk mencegah terjadinya ketergantungan. Jika teh daun jati cina diminum dengan cara diseduh, maka sebaiknya ditutup sekitar 5 menit baru setelah itu diminum.