null

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Diposting oleh Obat Herbal on 13th Jun 2018

Mint atau Mentha, merupakan tanaman herbal dari genus Lamiaceae. Mint sendiri terbagi menjadi 25 spesies. Peppermint dan spearmint merupakan dua spesies yang paling umum. Tanaman herbal ini biasanya ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Mint menjadi salah satu herbal yang paling populer karena sifat pendinginannya. Mint juga memiliki aroma unik dan rasa manis ringan yang mendinginkan. Daun mint diekstrak untuk menghasilkan minyak atsiri atau mentol. Minyak atsiri mint dan mentol dimasukkan ke dalam permen karet, pasta gigi, semprotan napas, obat kumur, dll. Senyawa L-carvone bertanggung jawab atas aroma dan rasa khas mint.

Pada masakan Timur Tengah, Inggris, dan Amerika Daun mint digunakan sebagai bahan penting dalam hidangan mereka. Bahkan, negara-negara Arab juga menggunakan mint pada hidangan dan teh domba mereka. Selain sebagai campuran makanan dan minuman, daun mint juga digunakan untuk aromaterapi. Orang-orang biasa mengenal daun Mint digunakan sebagai pasta gigi, permen karet, penyegar napas, permen, dan inhaler, namun tahukah bahwa sebenarnya masih banyak manfaat dari daun mint untuk kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari daun mint.

Apa saja manfaat dari daun mint?

1. Melancarkan Pencernaan
Mengonsumsi daun mint segar atau dicampurkan dalam hidangan apa pun dapat membantu merangsang kelenjar ludah di mulut yang dapat memicu kelenjar yang bertanggung jawab untuk meningkatkan sekresi empedu yang membantu pencernaan lebih cepat. Berdasarkan University Of Maryland Medical Center, mint memungkinkan aliran empedu lebih efisien dan membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan. Mint juga memiliki sifat karminatif, yang berarti membantu mengeluarkan gas dan meringankan gejala yang terkait. Demikian juga, mint memiliki efek anestesi ringan yang dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan ringan di perut, menenangkan sindrom usus, dan bisul perut. Karena mint bersifat berserat, maka juga dapat digunakan untuk mencegah konstipasi (jika daunnya dikonsumsi utuh).

2. Mengobati Pusing, Mual, dan Demam
Aroma mint yang kuat dan menyegarkan adalah obat cepat dan efektif untuk mengatasi pusing, mual, dan sakit kepala. The Journal of Advanced Nursing telah menyebutkan efek daun mint sebagai pereda rasa mual dalam situasi pasca-operasi. Demikian pula, daun mint juga dapat membantu meringankan demam, karena sifatnya yang menyegarkan dan menghilangkan panas yang disebabkan oleh demam.

3. Membantu Mengurangi Gejala Asma dan Flu
Menghirup uap daun mint yang direbus membantu mengurangi gejala asma dan flu biasa. Aroma mint yang menyegarkan dapat secara instan mengurangi hidung tersumbat, tenggorokan yang meradang, bronkus, dan paru-paru. Daun mint juga dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk terus-menerus.

4. Menjaga Kesehatan Gigi
Mengunyah daun mint sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Mint memiliki sifat antiseptik yang mengobati infeksi serta zat kimia yang disebut chlorhexidine; senyawa anti-mikroba ampuh yang mencegah bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Di pasaran banyak produk pemutih gigi/pasta gigi yang juga mengandung mint sebagai salah satu bahan utama mereka.

5. Mencegah Ketombe dan Kutu Rambut
Ketombe biasanya disebabkan oleh kelebihan minyak dan infeksi jamur. Selain itu, kulit kepala yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak bagi kutu rambut. Tahukah kalian bahwa daun mint dapat membantu mencegah ketombe dan kutu rambut? Caranya yaitu dengan memijat kulit kepala dengan daun mint yang hancur. Dengan sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki, daun mint sangat efektif untuk meredakan gatal dan iritasi. Anda juga bisa membeli produk shampoo rambut yang berbahan dasar mint, efek mint akan membuat kepala terasa sejuk dan segar.

6. Meredakan Nyeri Pada Ibu Menyusui
The International Breastfeeding Journal melaporkan bahwa wanita yang sering minum teh mint atau air mint-infused dapat mengurangi retakan puting dan rasa sakit ketika menyusui.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Setelah Anda menghirup uap daun mint rebus atau minyak esensial mint, anda akan mendapatkan peningkatan tiba-tiba dalam denyut nadi dan sirkulasi darah Anda. Efek ini menyebabkan tubuh Anda juga meningkatkan metabolisme serta oksigenasi otak. Seluruh proses ini bermanfaat bagi fungsi kognitif Anda dan meningkatkan perlindungan dari penyakit neuro-degeneratif seperti penyakit Alzheimer. Peningkatan sirkulasi darah juga membantu mencegah individu diabetes dari memperoleh komplikasi karena ketidakseimbangan kadar glukosa dan gangguan terkait sirkulasi.

8. Meredakan Sakit Pinggang dan Nyeri Otot
Daun mint dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot karena mengandung antispasmodik. Antispadmodik melemaskan otot-otot yang meradang atau tegang.

9. Perawatan Kulit
Mint memiliki Vitamin E dan Vitamin D yang membantu peremajaan kulit. Selain itu mint juga memiliki asam salisilat yang berguna dalam mengatasi kondisi kulit tertentu dan infeksi jamur. Asam salisilat membantu mempercepat pergantian sel-sel kulit mati. Efek astringent mint juga membantu mengecilkan pori-pori dan menyegarkan kulit dengan menghilangkan sebum berlebih.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan
Mint juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Mint merupakan stimulan, mint dapat merangsang enzim pencernaan dimana menyerap nutrisi dari makanan dan lemak kemudian mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan. Oleh karena itu, dengan menambahkan mint ke dalam menu diet anda, dapat membantu menurunkan berat badan. Rekomendasi Obat Herbal untuk menurunkan berat badan Borobudur Herbal Diyet 12 Kapsul Obat Pelangsing dan Diet

Sumber :

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spi...

www.naturalfoodseries.com/13-benefits-mint-leaves/