null

Manfaat Daun Pepaya sebagai Obat Herbal Diabetes

Diposting oleh Obat Herbal on 26th Oct 2018

Daun pepaya telah digunakan dalam perawatan kesehatan tradisional untuk melawan penyakit kronis, seperti asma, radang sendi, kanker, dan diabetes. Daun pepaya memberikan banyak manfaat yang mendukung pengobatan atau pencegahan. Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya untuk diabetes, anda dapat mengonsumsinya langsung sebagai sayuran (salad) atau sebagai teh herbal.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki nilai gizi yang tinggi karena mengandung jumlah alkaloid yang tinggi, termasuk carpaine dan papain, yang sangat efektif untuk diabetes (penjelasan dalam manfaatnya). Daun pepaya mengandung phytochemical, seperti karotenoid, polifenol, benzil isotiosianat, benzil glukosinat, prunasin (zat sianogenik). Menurut beberapa sumber, zat yang paling efektif dalam daun pepaya adalah alkaloid (carpaine dan papain). Daun pepaya juga mengandung zat anti diabetes.

Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya sebagai obat herbal diabetes

1. Daun pepaya memiliki sifat diuretik aktif

Berdasarkan penelitian, daun pepaya memiliki sifat diuretik. Yang artinya daun pepaya dapat membantu meningkatkan produksi urin, dan secara efektif menurunkan tekanan darah. Hal ini akan mencegah penyakit yang berhubungan dengan darah, termasuk diabetes.

2. Daun pepaya bebas dari gula

Penderita diabetes harus memperhatikan kadar gula darahnya. Ketika anda mengkonsumsi daun pepaya, anda tidak perlu khawatir dengan gula darah. Sebagai obat herbal, daun pepaya hampir tidak mengandung gula. Makanan bebas gula juga membantu mencegah penyakit lain, misalnya kegemukan, hiperglikemia, hipertensi, dll.

3. Daun pepaya rendah karbohidrat

Berdasarkan fakta nutrisinya, ditemukan bahwa daun pepaya rendah karbohidrat. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes.

4. Daun pepaya mengandung jumlah phytochemical yang tinggi

Daun pepaya mengandung berbagai phytochemical, dengan carpaine menjadi yang paling efektif, dan zat lain seperti papain, flavonoid, alkaloid, polifenol, karotenoid, beta karoten, dll yang membantu mencegah atau menyembuhkan diabetes. Kandungan tersebut juga dikenal sebagai antioksidanyang baik melawan kanker.

5. Daun pepaya dapat membersihkan usus dan sistem pencernaan

Komposisi kimia pepaya daun menunjukkan efektivitasnya dalam menangani kotoran manusia. Kandungan daun pepaya dapat membersihkan sistem pencernaan dari cacing usus. Menurut beberapa penelitian, sistem pencernaan yang sehat dapat mengurangi kemungkinan diabetes di usia tua.

6. Dapat menurunkan kadar gula darah

Daun pepaya mengandung beberapa nutrisi yang dapat menurunkan kadar gula darah, memperlambat denyut jantung, dan menstabilkan tekanan darah. Semua manfaat ini akan membantu mencegah diabetes.

7. Daun pepaya bisa dibuat menjadi teh herbal

Daun pepaya dapat diubah menjadi teh herbal yang kuat dengan banyak manfaat, termasuk pengobatan diabetes. Untuk membuat daun pepaya teh, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan 3 hingga 6 daun pepaya muda lalu cuci bersih
  • Siapkan dua liter air panas, kemudian rebus daun pepaya muda di air
  • Tunggu hingga air berkurang menjadi setengah dari kuantitas awalnya
  • Air rebusan daun pepaya dapat dicampur dengan madu, atau ramuan lainnya.
  • Minum secara teratur pagi dan sore hari

Menggunakan daun pepaya untuk mengobati diabetes dapat dilakukan selama di bawah bimbingan dari para ahli. Daun muda direkomendasikan sebagai bahan teh herbal. Jangan asal-asalan campurkan daun pepaya dengan bumbu lainnya. Bahan yang direkomendasikan untuk dicampur dengan itu adalah: lidah buaya, jeruk, susu, madu, bawang putih, basil, dan wortel.