null

Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Darah Tinggi dan Cara Pengolahannya

Diposting oleh EK on 21st Sep 2019

Sirsak merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama latinnya Annona muricata L. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa, nangka buris, nangkelan, srikaya, durian betawi, serta jambu landa. Daun sirsak mengandung tannin, alkaloid, dan sejumlah kandungan kimia lainnya seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annocatacin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic, acid caclourine, linoleic acid, gigantetronim dan muricapentocin yang dapat digunakan sebagai obat maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun Sirsak sebagai obat herbal Darah Tinggi

Daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Khasiat yang paling dikenal adalah sebagai anti kanker dan tumor, meringankan gejala darah tinggi yang ringan. Demikian pula bermanfaat untuk menurunkan kadar gula, demam, dan menekan peradangan. Daun sirsak dapat membantu mengobati darah tinggi. Zat antioksidan yang ada di dalam daun sirsak bermanfaat untuk menetralisrikan radikal bebas yang ada didalam darah. Selain itu daun sirsak dapat melebarkan dan melenturkan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat berjalan dengan lancar. Baca juga Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Kanker dan Cara Pengolahannya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko stroke, gagal jantung, dan bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Perubahan gaya hidup dan pola makan adalah kontrol utama untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan menurunkan risiko komplikasi penyakit turunannya. Untuk mengolah daun sirsak sebagai obat herbal darah tinggi, berikut resep sederhana dari daun sirsak yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Mengolah Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Darah Tinggi

Bahan:

  1. Daun sirsak
  2. sedikit garam
  3. rambut jagung manis muda

Cara membuat:

  • Siapkan daun sirsak yang sudah dicuci bersih, rebus sekitar 10-15 lembar daun sirsak bersama dengan rambut jagung manis (muda) dalam 4 gelas air.
  • Tambah sedikit garam (garam dikurangi karena hipertensi) dan boleh ditambah madu
  • Rebus hingga air tersisa setengah dari air rebusan pertama (2-3 gelas).
  • Ramuan ini dapat diminum 2-3 kali sehari pagi dan sore.