null

Manfaat Daun Sukun sebagai Obat Herbal Asam Urat

Diposting oleh EK on 18th Apr 2019

Asam urat

Asam urat merupakan penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi diolah tubuh menjadi asam urat. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi yaitu yang pertama adalah gaya hidup. Gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, mengkonsumsi alkohol dapat membuat kadar asam urat dalam darah meningkat. Lalu yang kedua adalah kondisi medis. Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, hiperkolesterolemia, diabetes sering dikaitkan dengan penyakit asam urat. Selanjutnya yang ketiga adalah faktor genetik. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit asam urat maka anda juga bisa terkena penyakit ini. Dan faktor yang terakhir adalah usia dan jenis kelamin. Kebanyakan pria lebih berisiko terkena gangguan asam urat. Namun untuk wanita juga sama, jika sudah memasuki masa menopause akan memiliki risiko terkena asam urat.

Daun Sukun

Sukun (Sumber: Wikipedia)

Pohon Sukun (Sumber gambar: Wikipedia)

Daun sukun adalah daun yang berasal dari pohon sukun. Pohon dengan nama latin artocarpus altilis umumnya pohon tinggi dapat mencapai hingga 30 m. Batangnya besar dan lurus, hingga 8 m,dengan akar papan (banir) yang rendah dan memanjang. Daun sukun umumnya besar-besar dan tersusun berselang-seling. Daun sukun berukuran 20-40 × 20–60 cm, berbagi menyirip dalam, sedikit keras seperti kulit, hijau tua mengkilap di sisi atas, serta kusam, kasar dan berbulu halus di bagian bawah. Kuncup tertutup oleh daun penumpu besar yang berbentuk kerucut. Semua bagian pohon mengeluarkan getah putih (lateks) apabila dilukai.

Menurut beberapa penelitian ditemukan bahwa daun sukun kering memiliki beberapa senyawa seperti zat anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan dan juga tanin. Daun sukun kering juga memiliki kandungan antioksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainnya yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Berdasarkan kandungan-kandungan yang terdapat dalam daun sukun ini,daun sukun dapat dibuat menjadi teh yang bermanfaat untuk membantu menurunkan penyakit asam urat apabila dilakukan secara rutin. Selain itu, kandungan zat anti inflamasi dalam daun sukun juga sangat berguna untuk penderita asam urat dalam mengatasi peradangan sendi pada saat terkena penyakit asam urat.

Manfaat Daun Sukun sebagai Obat Asam Urat

Berikut ini cara mengolah Daun Sukun sebagai obat asam urat:

  1. Siapkan daun sukun yang sudah tua, cuci bersih daun tersebut untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada daun. Keringkan dengan cara diangin-anginkan atau dijemur
  2. Rebus daun sukun yang sudah kering dengan 5 gelas air.
  3. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengah dari air awal.
  4. Setelah itu, tambahkan air lagi dan kemudian didihkan
  5. Apabila sudah, tunggu hingga dingin untuk dikonsumsi
  6. Konsumsi teh daun sukun ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh daun sukun memang baik untuk membantu mengobati penyakit asam urat. Namun ada beberapa tips atau hal-hal yang perlu anda lakukan untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan, hindari makanan laut,makanan kaleng (kornet, ikan sarden dan ekstrak daging),kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Menghindari makanan seperti emping/melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong/ubi, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  • Menghindari makan buah durian, avokad, nanas, air kelapa.
  • Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  • Banyak minum air putih minimal 8 - 10 gelas per hari, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Obat Herbal Promo juga menyediakan beberapa obat herbal dalam bentuk kapsul, pil, minuman, dan jamu godogan untuk membantu menyembuhkan asam urat yang sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Salah satunya adalah Griya Herba Teh Celup Daun Sukun.

Griya Herba Teh Celup Daun Sukun merupakan salah satu teh herbal alami yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat dan menurunkan kadar kolesterol. Terbuat dari daun sukun pilihan (Artocarpus communis forst) yang dipadukan dengan daun teh pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan kaya manfaat. Daun sukun memiliki kandungan zat anti inflamasi yang sangat berguna untuk penderita asam urat dalam mengatasi peradangan sendi pada saat terkena penyakit asam urat.

Griya Herba Teh Celup Daun Sukun dikemas dalam kantong teh celup sehingga kemasannya menjaga kesegaran dan kenikmatan rasanya. Diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar di Dinas Kesehatan sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Griya Herba Teh Celup Daun Sukun praktis bisa langsung diseduh, sangat cocok bagi Anda yang tidak suka obat herbal dalam bentuk pil/kapsul. Teh ini diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.