null

Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan

Diposting oleh Obat Herbal on 14th Dec 2017

Daun tempuyung memang tidak banyak dikenal secara luas, namun demikian tanaman ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan di antaranya untuk mengatasi batu ginjal, infeksi saluran kencing, darah tinggi, obesitas, mastitis, batu empedu, infeksi kandung kemih, usus buntu, disentri, dan wasir. Daun tempuyung (sanchus arvensis) juga dikenal dengan berbagai nama lokal seperti jombang, galibug, lempung, atau rayana.

Meskipun nama tempuyung tidak sepopuler daun obat lainnya, untuk mengenali tanaman herba ini tidaklah sulit. Daun tempuyung merupakan daun tunggal. Warna daun tempuyung ini hijau agak keunguan dengan permukaan daun yang licin. Bentuk daun tempuyung lonjong dengan tepi daun yang bergelombang dan ujung daun yang runcing. Tinggi tanaman berkhasiat ini hanya sekitar 60-150 sm. Daun ini terpusat membentuk roset di dekat pangkal batang. Bagian berombak dan memeluk batang ini merupakan bagian yang paling berkhasiat. Batang tumbuhan ini berlubang dan memiliki getah berwarna hijau. Tanaman ini juga memiliki bunga yang berwarna kuning dan memiliki kelopak berbentuk lonceng dan memiliki bulu-bulu halus. Selain memiliki bunga, tanaman tempuyung juga memiliki buah yang berbentuk kotak dengan rambut berwarna hitam dan memiliki lima rusuk.

Penelitian yang dilakukan menggunakan tempuyung ini telah banyak dilakukan. Salah satunya adalah penelitian pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan batu ginjal in vitro, yang menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik, namun mempunyai daya melarutkan batu ginjal dan daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik daripada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM, 1988).

Cara pengolahan daun tempuyung untuk pengobatan batu ginjal:

Siapkan 5 lembar daun tempuyung kemudian cuci bersih dan kukus sebentar. Daun ini bisa dikonsumsi bersama nasi sebagai lalapan.
Cara lain ialah, siapkan 500mg daun tempuyung kering yang sudah dicuci bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan lalu seduh dengan air panas 1 gelas penuh. Minum setelah dingin. Ke-dua cara diatas bisa dikonsumsi 3 kali dalam sehari.