null

Manfaat Kesehatan Benalu Teh

Diposting oleh Obat Herbal on 28th Dec 2018

Benalu dikenal dengan nama kemlandean (Sunda) dan kemadean (Jawa). Seluruh bagian tanaman ini bisa digunakan untuk obat. Sedangkan benalu teh merupakan tanaman parasit/benalu yang tumbuh menempel pada pohon teh. Ciri khas benalu teh adalah daun tunggal adalah daun tunggal berhadapan dan bagian bawahnya berwarna coklat desertai trikoma bentuk bintang. Secara empiris, benalu teh dapat digunakan untuk obat mencret atau diare. 

Saat ini, benalu teh banyak diperjualbelikan dalam bentuk yang telah dikeringkan dan digunakan sebagai obat antikanker, baik dalam bentuk tunggal mau-pun campuran. Benalu teh mengandung senyawa alkaloida indol, alkaloida piri-dina, alkaloida pirimidina, alkaloida pirol, glikosida, terpenoid, tanin, saponin, dan lakton. Ekstrak daun dan batang benalu teh mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, terpenoid, glikosida, triterpen, saponin, dan tanin.

Penelitian mengenai Benalu Teh

  • Menurut penelitian antikanker tanaman benalu dalam jurnal Drugs of the Future mengatakan, pasien penderita kanker yang diberi ekstrak benalu dari spesies Viscum album menunjukkan perbaikan pada DNA dalam limfosit dan sel kekebalan tubuh. Senyawa bioaktif yang berperan sebagai antikanker adalah petida, oligisakharida, alkaloid, polifenol, dan flavanoid.
  • Dr Retno Murwani MSc dari Universitas Diponegoro pernah menyatakan bahwa benalu teh berkhasiat membunuh sel tumor dan sel kanker fibro sarcoma. (Suara Merdeka, 14 Maret 2003)

Manfaat Benalu Teh:

  1. Membantu mengobati berbagai penyakit kanker, tumor, dan kista
  2. Sebagai antioksidan
  3. Membantu mengobati epilepsi
  4. Membantu mengobati penyakit batu ginjal, gondok
  5. Membantu menurunkan darah tinggi, kadar kolesterol dan gula darah
  6. Membantu mengatasi nyeri, sakit pinggang, rematik,pegal linu, encok, dll
  7. Menghaluskan kulit muka dan menjadikan awet muda
  8. Membantu menyembuhkan penderita kencing manis
  9. Sebagai benteng terhadap serangan virus baik untuk manusia maupun hewan

Ramuan Benalu Teh Untuk Mengobati Kanker

Bahan yang dibutuhkan yaitu 50 g daun, batang benalu, dan 3 gelas air.

Cara pembuatan: Potong kasar daun dan batang benalu, lalu keringkan. Benalu yag sudah kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. 

Aturan minum: Air rebusan benalu diminum 3 kali sehari. Caranya seperti minum teh, bisa ditambah satu sendok teh madu untuk sekali minum.