null

Manfaat Kesehatan Daun Alpukat untuk Menyembuhkan Penyakit

Diposting oleh Obat Herbal on 19th Apr 2018

Daun alpukat merupakan daun herbal yang berguna untuk berbagai keperluan pengobatan tradisional. Daun alpukat di dunia herbalis sudah lama digunakan sebagai ramuan yang bisa menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan.

Tanaman alpukat berasal dari Meksiko Amerika Tengah. Kini tanaman alpukat telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia sebagai tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah warga. Tanaman alpukat memiliki nama latin Persea Americana Miller. Alpukat sekarang banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Tengah.

Daun alpukat adalah salah satu bagian yang bisa digunakan dari tanaman ini selain buah. Daun alpukat mampu mengobati berbagai macam penyakit, sehingga daun alpukat sering menjadi bahan tradisional untuk pengobatan. Apa saja kandungan dari daun Alpukat? 

Kandungan Daun Alpukat

  • Quercetin

Quercetin adalah senyawa flavonol terbesar, quercetin, dan glikosidan hadir dalam alpukat sekitar 60-75%. Quercetin dipercaya untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit degeneratif dengan menangkap radikal bebas dan ion logam. Daun alpukat rasanya pahit tetapi bermanfaat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri seperti Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Escherichea sp dan Bacillus sp. Selain itu, daun alpukat juga dipercaya dapat menyembuhkan batu kandung kemih, tekanan darah tinggi, dan sakit kepala. Daun alpukat yang dibuat untuk teh dapat mengobati nyeri saraf, sakit perut, saluran udara bengkak dan menstruasi tidak teratur.

  • Polifenol

Polyphenol adalah sub-kelompok fitonutrien yang ditemukan dalam makanan seperti teh, bawang, anggur dan kacang-kacangan tertentu. Polifenol alami berguna untuk melindungi tanaman terhadap patogen, parasit, dan predator. Polifenol berperan dalam memberi warna pada tanaman seperti warna daun di musim gugur.

Manfaat Kesehatan Daun Alpukat untuk Menyembuhkan Penyakit

Dari kandungan Quercetin dan Polifenol dari Daun Alpukat memiliki manfaat kesehatan sebagai berikut:

  • Sebagai Obat Batu Ginjal
    Batu ginjal adalah masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan penyakit fatal lainnya seperti gagal ginjal. Jika Anda menghadapi masalah dengan batu ginjal, mengkonsumsi daun alpukat dapat menjadi alternatif yang baik karena mengandung banyak fitokimia seperti alkaloid, saponin dan flavonoid yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu di dalam ginjal Anda dan membuat fungsi organ yang lebih baik. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari daun alpukat Anda cukup membuat daun teh alpukat dengan merebus 8 lembar daun dalam secangkir air sampai tinggal selama setengah cangkir. Saring dan minum teh dua kali sehari secara rutin.
  • Meredakan Nyeri Punggung
    Nyeri punggung adalah kasus masalah kesehatan yang bisa diderita oleh siapa saja terutama yang lebih tua. Studi dari Perancis menemukan bahwa manfaat kesehatan dari ekstrak daun alpukat dapat menstimulasi perbaikan tulang rawan dan menyembuhkan rasa sakit sebagai efek obat anti-inflamasi. Untuk meredakan sakit punggung, Anda bisa mengonsumsi teh daun alpukat atau memasukkannya ke dalam diet Anda selama beberapa hari. Untuk informasi Anda, beberapa orang juga mengatakan bahwa daun alpukat juga dapat mengurangi rasa sakit radang sendi dan jenis rasa sakit lainnya yang disebabkan oleh proses peradangan di dalam tubuh.
  • Membantu Menurunkan Hipertensi
    Memanfaatkan kesehatan daun alpukat untuk tekanan darah tinggi yaitu dengan merebus air alpukat. Ambil daun alpukat 5-6 lembar, lalu rebus dengan dua gelas air hingga 1 gelas, minum secara teratur hingga tekanan darah menurun.
  • Menurunkan Gula Darah
    Jika Anda mencari cara alternatif untuk menyembuhkan diabetes dan menurunkan gula darah, anda bisa menggunakan daun alpukat. Diabetes adalah masalah kesehatan yang umum dan saat ini mempengaruhi sebagian besar penduduk di dunia. Biasanya terjadi ketika pankreas di dalam tubuh berhenti menghasilkan insulin yang dikenal sebagai hormon yang mengatur gula darah dalam metabolisme tubuh. Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan pada beberapa tikus yang diinduksi diabetes menemukan bahwa ekstrak daun alpukat memiliki efek hipoglikemik dalam dosis tertentu yang mampu menurunkan gula darah.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
    Sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan secara sehat? Mungkin anda hanya perlu meletakkan beberapa daun alpukat di dalam salad, sup, atau bahkan smoothies. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal EXCLI Experimental and Clinical Science pada 2015 melaporkan bahwa daun alpukat memiliki efek anti-obesitas yang secara signifikan menyebabkan penurunan berat badan 25% dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur.  Untuk menurunkan berat badan Anda juga bisa mengonsumsi daun teh alpukat dua kali sehari sampai anda mendapatkan berat badan normal seperti yang anda inginkan.
  • Mengurangi Risiko terkena Kanker
    Kanker merupakan penyakit yang mulai dimiliki oleh banyak orang saat ini. Penyakit ini dapat terjadi pada tubuh jika sel-sel DNA bermutasi dan tidak dapat mengontrol pertumbuhannya. Mutasi DNA dalam tubuh dapat disebabkan oleh efek radikal bebas yang merusak mekanisme sel tubuh. Daun alpukat mengandung efek antioksidan kuat yang dimiliki oleh keberadaan kandungan flavonoid dan fenol. Antioksidan daun alpukat dapat mengurangi efek radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan. Meski begitu, manfaat daun alpukat pada kanker masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

Efek Samping Daun Alpukat

Selain memberikan sejumlah manfaat kesehatan, daun alpukat juga memiliki beberapa efek samping. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun yang diambil dari beberapa spesies tanaman alpukat berpotensi menghasilkan efek beracun. Sebagai contoh, beberapa ahli mengklaim bahwa tanaman alpukat Guatemala menghasilkan daun yang bisa beracun, tetapi tanaman alpukat Meksiko aman. Bahkan dalam beberapa kasus di Guatemala alpukat, banyak ahli mengklaim bahwa toksisitas hanya mungkin jika daun dikonsumsi dalam jumlah besar.

Jadi jika Anda ingin mencoba konsumsi daun alpukat, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk mendiskusikan efeknya terhadap tubuh dan bagaimana harus mengkonsumsinya.