null

Manfaat Kesehatan Daun Saga

Diposting oleh EK on 23rd May 2019

Daun Saga merupakan daun yang berasal dari tanaman Saga Rambat/Saga Telik (Abrus precatorius). Daun saga tumbuh liar di pekarangan, kebun bahkan di pinggir jalan sekalipun. Beberapa orang menganggap Saga Rambat sebagai tanaman gulma (pengganggu), karena sifatnya yang merambat dan menempel pada batang inangnya. Jadi tak jarang orang memilih untuk membabat atau membakarnya sampai habis. Meski begitu, banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya daun saga memiliki khasiat bagi kesehatan bahkan untuk merawat kecantikan.

Daun saga memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang majemuk hampir menyerupai daun pohon asam, hanya bentuk daun saga cenderung bulat telur. Bunganya berwarna ungu muda dan berbentuk seperti kupu-kupu, sedangkan bijinya berukuran kecil dengan warna merah yang mengkilat. Hati-hati dengan bijinya karena diketahui mengandung racun yang berbahaya apabila tertelan.

Berdasarkan studi farmasi, Daun Saga diketahui mengandung banyak vitamin, mineral dan kandungan kimia lain yang baik untuk tubuh seperti: protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, pentosan, saponin dan flavonoid. Dengan segudang kandungan yang dimilikinya, maka tak heran daun Saga juga memiliki segudang khasiat yang tersembunyi. Biasanya masyarakat memanfaatkan daun saga sebagai obat untuk meredakan sariawan atau radang tenggorokan. Namun Daun Saga memiliki banyak manfaat lain, berikut ini beberapa manfaat Daun Saga untuk Kesehatan:

1. Meredakan Panas Dalam

Salah satu tanda panas dalam adalah sariawan, tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Ambil kira-kira 10-15 tangkai daun saga, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan air hanya tersisa setengahnya. Tunggu hingga mendingin lalu saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

2. Mengobati Sariawan

Daun saga terkenal ampuh meredakan sariawan jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Caranya, cukup ambil beberapa helai daun saga lalu jemur hingga layu. Kunyah langsung daun saga tanpa ditelan. Daun saga aman dikonsumsi dan rasanya pun manis. Cara kedua membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusannya untuk berkumur 2-3 kali sehari.

3. Meredakan Radang Amandel

Biasanya penyakit Radang amandel menyerang anak-anak, namun bisa juga dialami oleh orang dewasa. Radang amandel adalah pembengkakan amandel/tonsil yang berada di kerongkongan karena kuman atau virus. Gejalanya diawali dengan demam, panas tinggi, batuk & flu, sakit tenggorokan serta pembengkakan pada amandel. Untuk meredakannya, kali ini kita bisa memanfaatkan akar daun saga. Caranya, ambil dan cuci akar saga secukupnya. Kemudian rebus dengan 5 gelas air bersama satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya sampai mendidih. Ketika air sudah berkurang setengahnya saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Mengobati Batuk Kering

Batuk kering atau batuk tidak berdahak juga penyakit yang bisa jadi cukup mengganggu. Memang banyak obat batuk khusus untuk batuk kering, tapi kebanyakan dari obat-obat itu bisa menimbulkan kantuk dan tentunya akan semakin menghalangi rutinitas. Tak ada salahnya mencoba resep alami obat batuk kering dengan tiga bahan yaitu: daun saga, daun asam dan kayu manis. Caranya, ambil beberapa helai daun saga dan daun asam secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan sepotong kayu manis sampai mendidih. Minum air rebusan ketiga bahan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 1/2 gelas sekali minum untuk mengobati batuk kering.

5. Mengatasi Peradangan Mata

Radang mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, pedih dan pegal di area mata kemudian disusul dengan pembengkakan. Daun saga juga dikenal efektif untuk mengatasi peradangan mata. Caranya sangat sederhana: ambil beberapa helai daun saga secukupnya dan giling hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai obat tetes mata.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Sering mengalami jantung berdebar disertai keringat dingin yang mengucur deras? Anda mungkin bisa mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala-gejala gangguan jantung yang anda alami tersebut akan berangsur-angsur hilang. Resepnya adalah: 8 gram daun saga, 10 gram daun sembung dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan dengan 400 ml air menggunakan api sedang sampai mendidih. Dinginkan dan saring airnya, kemudian minumlah secara rutin untuk jantung yang lebih sehat. Jantung Sehat dengan Minuman Herbal Efata

7. Mengobati Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis biasanya disebabkan oleh asap polusi, debu dan asap rokok. Penderitanya akan sering mengalami batuk-batuk disertai dahak berwarna kemerahan serta sesak nafas terutama setelah melakukan aktivitas berat. Rebusan daun saga segar adalah obat alami untuk menyembuhkan sakit bronkitis. Caranya adalah dengan merebus 15 helai daun saga segar yang baru dipetik dari pohon dengan 500 ml air. Rebus hingga airnya hanya tersisa sekitar 250 ml saja. Cukup minum air rebusan ini 1 kali sehari. Obat Herbal Batuk Bronkitis

Seperti yang kita tahu bahwa daun saga sangat efektif meredakan berbagai penyakit, seperti membantu kesehatan jantung anda bila dikonsumsi secara rutin. Banyaknya khasiat yang dimiliki tumbuhan ini tak lain karena kandungan vitamin serta senyawa aktif yang ada di dalamnya. Konsumsilah air rebusan daun saga secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan anda dan menangkal berbagai senyawa polutan yang membawa penyakit dalam tubuh.

Seiring perkembangan jaman, Daun Saga sudah banyak yang diolah dalam sediaan pil atau kapsul agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Salah satu produk herbal dengan bahan daun saga adalah Herbana Balance Madia Cool Down 10 Kaplet. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Sumber:

https://cintaihidup.com/15-khasiat-daun-saga-untuk...