null

Manfaat Kesehatan Jinten Hitam

Diposting oleh EK on 25th May 2019

Berasal dari Mesir, rempah berbentuk biji ini kerap disebut dengan nama habbatussauda. Biji dari tanaman bunga Nigella Sativa ini berwarna hitam pekat dan memiliki bentuk menyerupai biji kuaci. Rasa dan aroma jintan hitam sangat khas dan sering dipakai sebagai bumbu penyedap rasa di India dan Timur Tengah.

Thymoquinone (TQ) adalah unsur aktif utama dalam biji jinten hitam yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mengandung antioksidan yang sangat kuat. Kandungan ini dapat meningkatkan aktivitas sel sehingga menjadi pembunuh alami beragam penyakit dan gejala.

Berikut adalah beberapa manfaat dari biji jinten hitam untuk kesehatan:

1. Mencegah Diabetes

Menurut British Journal of Pharmaceutical Research, biji jinten hitam efektif menurunkan kadar gula darah, mengurangi penyerapan glukosa, dan menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi pil ekstrak jinten hitam secara reguler dapat menurunkan tekanan darah pada hipertensi ringan, tingkat kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL kadar ringan.

3. Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Dengan kandungan asam linoleat atau Omega 3 dan Omega 6, jinten hitam membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga daya kerja dan fungsi otak semakin maksimal.

4. Mencegah Kanker

Jinten hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel T yang berguna untuk menghancurkan sel-sel yang terinfeksi sehingga tubuh akan lebih kuat untuk menahan pertumbuhan sel kanker.

5. Menetralisir Racun

Kandungan saponin dalam jinten hitam dapat membersihkan dan menetralkan racun dalam tubuh untuk memaksimalkan kinerja organ-organ. Gejala diare dan gangguan pernafasan juga dapat berkurang. Dengan begitu besar manfaat biji jinten hitam, konsumsi reguler pastinya akan memberikan yang terbaik untuk kesehatan.

Seiring perkembangan jaman, Jinten Hitam sudah banyak yang diolah dalam sediaan serbuk atau kapsul agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Salah satu produk herbal dengan bahan jinten hitam adalah Herbana Relief Sari Serbuk Jinten Hitam dan Herbana Relief Sari Jinten Hitam 60 Kapsul.

Jinten hitam berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel-sel yang bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jinten hitam juga kaya akan antioksidan dan nutrient alami, yang dapat menangkal radikal bebas dan melengkapi kebutuhan nutrient dalam tubuh. Nigellon dan Glutathion yang berfungsi sebagai protektor atau melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing (xenobiotics). Thymoquinone merupakan sumber dari antioksidan dalam Jinten Hitam meningkatkan system imun secara keseluruhan.Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan kualitas terjamin. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Sumber: https://deltomed.id/health/jinten-hitam-dan-khasi...