null

Manfaat Kesehatan Minyak Sereh

Diposting oleh RK on 7th Sep 2019



Sekilas Tentang Tumbuhan Sereh


Sereh (Cymbopogon citrates) merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam famili rumput-rumputan atau Poaceae. Tanaman ini memiliki beberapa nama, antara lain: serai (Indonesia), sereh (Sunda), bubu (Halmahera), serai dapur (Malaysia), tanglad dan salai (Filipina), balioko (Bisaya), slek krey sabou (Kamboja), si khai dan shing khai (Laos), sabalin (Myanmar), cha khrai (Thailand). Penyebaran tanaman ini meliputi Malesiana (Asia Tenggara hingga Papua). Tanaman ini dikenal dengan istilah Lemongrass karena memiliki bau yang kuat seperti lemon, sering ditemukan tumbuh alami di negara-negara tropis. Cymbopogon citratus tumbuh di daerah dengan ketinggian 50 – 2.700 m dpl dengan berbagai kondisi tanah di daerah tropika yang lembab, cukup sinar matahari dan dengan curah hujan yang relatif tinggi.

Kandungan utama dari sereh adalah sitral, komposisi lengkap yang terdapat di dalam minyak atsiri dari tanaman ini antara lain:

  • Sitronelal 32-45%
  • Geraniol 12-18%
  • Sitronelol 11-15%
  • Geranil asetat 3-8%
  • Sitronelil asetat 2-4%
  • Sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, dan kamfen.

Minyak sereh memiliki aroma khas lemon, karena aroma tersebut adalah sebuah senyawa bergugus fungsi aldehid, yakni sitral sebagai senyawa utama minyak. Kandungan minyak paling tinggi dihasilkan pada daun dari tanaman yang masih muda. Rata-rata tanaman yang dihasilkan berkisar antara 30-50 ton/ha/thn dengan nilai rendemen sebesar 0,25-0,5%.

Khasiat Minyak Sereh

  1. Pelemas otot : Minyak sereh dapat melemaskan otot yang kaku dan kram dengan segera.
  2. Menyembuhkan radang sendi : Minyak sereh sangat ampuh untuk mengobati radang sendi ketika digabung dengan minyak Birch dan Geranium.
  3. Meredakan otot yang tertarik : Ketika otot kita tertarik, kita akan mengalami pembengkakan atau memar. Dengan megoleskan minyak sereh pada area otot yang tertarik, pembengkakan dan memar dapat dengan segera menghilang.
  4. Menghilangkan rasa lelah : Campuran minyak sereh yang dioleskan ke pelipis akan menghilangkan rasa lelah yang kita alami.
  5. Meredakan sakit kepala : Sereh sangat baik digunakan ketika kita mengalami sakit kepala, terutama yang disebabkan karena alergi.
  6. Menenangkan ketika syok : Ketika seseorang disekitar kita mengalami syok, teteskan 1-2 tetes minyak sereh kekapas, kemudian dekatkan ke lubang hidung untuk dihirup, untuk membantu menenangkan penderita syok.
  7. Mengobati luka : Minyak sereh bermanfaat sebagai antiseptic yang dapat digunakan pada luka luar.
  8. Meringankan rasa mulas : Oleskan campuran ke area tenggorokan dan area dada untuk meringankan rasa mulas.
  9. Sembelit : Oleskan satu atau dua tetes minyak sereh ke daerah perut akan membantu proses pencernaan dan meringankan rasa mulas yang kita alami ketika sembelit.
  10. Menurunkan demam : Campuran minyak sereh dan minyak kelapa dapat melawan infeksi dan racun yang menyebabkan demam. Oleskan campuran tersebut ke leher bagian belakang, daerah dada dan telapak kaki.
  11. Insomnia : Mengkonsumsi teh yang mengandung sereh atau mengoleskan minyak sereh ke telapak kaki dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan insomnia.
  12. Menghilangkan bau badan : Banyak dari deodoran yang beredar di pasaran mengandung sereh. Menambahkan minyak sereh kedalam lotion badan akan membantu mengatasi bau badan tidak sedap.
  13. Mengusir nyamuk dan serangga : Baik dioleskan ke kulit atau diteteskan ke pakaian yang kita pakai, minyak sereh akan menjauhkan kita dari gigitan nyamuk, serangga dan kutu.

Manfaat Lain

Minyak sereh dapat digunakan untuk menghambat atau membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada di dalam mulut khususnya bakteri pembentuk plak pada gigi yaitu bakteri Streptococcus mutans. Kandungan atsiri bersifat sebagai anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat digunakan juga sebagai obat kumur.

Minyak sereh juga berpotensi sebagai zat antioksidan, analgesik (penahan sakit), dan aflatoksigenik (racun yang berpotensi sebagai anti kanker hati). Selain itu tanaman ini dapat mengobati gangguan pencernaan, radang, diabetes, gangguan saraf, demam, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, sakit gigi, gusi bengkak, digunakan sebagai detoksifikasi dan merawat kulit agar tetap indah.

Obat Herbal Promo menyediakan produk dengan kandungan minyak sereh yaitu Borobudur Herbal Sendi Param Kocok 75 ml yang bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang, pegal linu, encok dan melancarkan peredaran darah. Diformulasikan dari bahan-bahan herbal alami seperti minyak sereh, rumput betung, lengkuas, minyak kayu putih dan lain sebagainya. Cairan mudah menyerap, tidak lengket, dan kehangatan yang dihasilkan dapat menghilangkan pegal-pegal. Sendi Param Kocok sudah terdaftar di BPOM sehingga produk layak pakai, aman, dan terjamin kualitasnya.