null

Manfaat Tanaman Songgolangit Sebagai Obat Herbal Encok dan Pegal Linu

Diposting oleh Obat Herbal on 17th Nov 2018

Tanaman songgolangit memiliki daun agak lebar dan seluruh bagian permukaan ditutup rambut kasar yang berasal dari tanamannya sendiri. Dapat tumbuh menjalar karena pada bagian batang bawah tanaman ini memunculkan tunas. Secara umum, bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daunnya. Tanaman asal Amerika kawasan tropis ini juga bisa ditemui di Jawa Timur. Termasuk tumbuhan gulma yang mengganggu, batangnya kecil, panjang hingga 75 cm. Akarnya tunggang yang bisa menopang tanaman berdiri tegak dan bisa tumbuh di tanah berpasir. Daunnya berbentuk segitiga dengan tepi bergerigi besar. Bunganya tunggal berwarna putih dengan benang sari warna kuning.

Kandungan & Khasiat Tanaman Songgolangit

Tanaman songgolangit mengandung flavonoid tanin, yang berfungsi sebagai pendingin dan penghilang rasa nyeri rematik pada tulang persendian di bagian pinggang dan tulang lainnya. Demikian pula saponin tanin, berfungsi sebagai antiradang, antibiotik, peluruh air kemih (diuretik) dan menurunkan kadar asam urat. Selain itu tanaman songgolangit mengandung senyawa aktif kalsium, magnesium, kalium dengan memiliki efek analgesik, antiinflamasi, antioksidan, diuretik. Daun dan batangnya biasa digunakan untuk mengatasi rematik, asam urat, serta mengurangi risiko penyakit jantung, serta melindungi hati.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hamzah dan Agus di sebuah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bagian Farmakologi. Daun songgolangit yang dijadikan serbuk minuman seperti teh berkhasiat sebagai anti inflamasi ( anti radang ) dan analgesik dengan menggunakan daun songgolangit yang sudah dikeringkan sekitar 40% atau setara dengan 2,2 gr cukup untuk 1 kali seduh atau dibuat dengan kantong teh yang berukuran 8cm x 8 cm.

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan Songgolangit :

  • Osteoartritis, yaitu penyakit degenaratif atau kehausan pada sendi, terutama pada sendi yang menopang berat badan
  • Artritis Rematoid, yakni penyakit degenaratif yang biasa menyerang pada sendi tulang seperti : tulang sendi pada lutut, tangan, pinggang, bahu dan tulang sendi lainnya.
  • Artritis Gout, yakni persendian yang sering dirasakan pada bagian ibu jari, telapak kaki, pergelangan kaki, lutut, siku dan pergelangan tangan
  • Ginjal
  • Asam urat
  • Rematik atau persendian

Resep sederhana herbal Songgolangit

Berikut ini resep sederhana mengolah daun songgolangit sebagai obat herbal rematik, encok, dan pegal linu.

  • Siapkan 50 g daun songgolangit yang telah dicuci bersih
  • Rebus dengan air sebanyak 1.5 gelas, tunggu hingga tersisa 1 gelas
  • Saring dari ampasnya, minum dengan aturan 2 kali sehari 1 gelas