null

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan

Diposting oleh RK on 16th Aug 2019

Tak hanya cantik menghias kebun di rumah Anda, tanaman bunga sepatu atau kerap disebut rosella juga memiliki manfaat kesehatan sebagai obat. Bunga dan daunnya bisa dibuat menjadi teh dan digunakan untuk mengobati beberapa kondisi. Berikut manfaat teh rosella untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Bunga rosella memiliki beragam warna, ada merah, kuning, putih hingga warna persik. Umumnya, bunga rosella yang berwarna merah kerap dibudidayakan untuk tujuan medis, dan tersedia dalam produk suplemen makanan. Karena rasanya yang asam, teh rosella kerap disebut sour tea. Teh rosella terbuat dari campuran pucuk bunga rosella kering, daun, dan kelopak bunga. Bunga yang diambil untuk diproduksi menjadi teh rosella ini adalah bunga-bunga yang sudah jatuh bermekaran. Tak hanya diolah menjadi teh, berbagai bagian tanaman ini juga digunakan untuk membuat selai, rempah-rempah, sup, dan saus. Bunganya juga kerap digunakan untuk obat. Dalam produk makanan dan minuman, bunga rosella digunakan sebagai penyedap rasa. Bunga ini juga digunakan untuk memperbaiki bau, rasa, dan sebagai komponen campuran teh herbal.

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan
Terdapat banyak manfaat teh rosella untuk kesehatan. Fruit acid yang terdapat dalam teh bunga rosella akan bekerja seperti pencahar. Beberapa bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya juga disebut dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus, dan rahim, serta bekerja seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing.

Pengobatan Hipertensi dan Hiperlipidemia
Ekstrak teh rosella menjadi pengobatan menjanjikan bagi penderita hipertensi dan hiperlipidemia. Manfaat teh rosella salah satunya adalah menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada orang dewasa dengan hipertensi tingkat sedang dan diabetes tipe 2. Manfaat teh rosella juga efektif untuk menurunkan tekanan darah seperti obat Captropril, namun kurang efektif dibandingkan Lisinopril. Mengonsumsi teh rosella juga memberi pengaruh baik pada lipid dan menurunkan kolesterol total. Anthocyanin yang ditemukan dalam kelopak bunga rosella dianggap sebagai fitokimia yang bertanggung jawab atas efek antihipertensi dan hipokolesterolemia. Sedangkan kandungan polifenol dalam fruit acid bunga rosella juga memiliki peran yang sama. Kandungan antioksidan dalam bunga ini juga menghambat aterosklerosis (faktor yang meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular).

Pengobatan Kanker dan Menurunkan Berat Badan
Tanaman bunga rosella juga menunjukkan potensi untuk pengobatan kanker, penurunan berat badan, dan kegunaan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin dalam bunga rosella mungkin memegang kunci sifat anti-kanker. Ekstrak bunga rosella juga disebut memiliki efek terhadap metabolisme, mencegah obesitas, dan menghadang penumpukan lemak di hati. Tanaman tropis ini bahkan juga digunakan sebagai bagian dari campuran ekstrak herbal untuk mengobati kutu.

Manfaat teh rosella lainnya antara lain:

Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, disarankan mengonsumsinya secara benar. Umumnya, dosis penggunaan teh rosella adalah 1,5 gram. Bagi para ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit hati dan ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi teh rosella ini. Atau konsultasikan ke dokter Anda untuk dosis yang aman untuk mengonsumsinya. Dan bagi penderita tekanan darah rendah, dianjurkan tidak mengonsumsi teh rosella karena dapat membuat tekanan darah semakin rendah. Teh rosella dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, hal tersebut dapat berdampak sulitnya mengontrol gula darah selama dan pasca operasi. Jadi, Anda disarankan untuk berhenti mengonsumsi teh rosella setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum memanfaatkannya.

obatherbalpromo.com juga menyediakan teh rosella yang praktis dan bisa langsung diseduh, yaitu Griya Herba Teh Celup Rosella. Terbuat dari kelopak bunga rosella merah yang dipadukan dengan daun teh pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat. Kelopak bunga rosella kaya akan antioksidan, mengandung asam organik, polisakarida, dan flavonoid yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas, menghambat perkembangan sel kanker, dan menjaga keseimbangan tubuh. Griya Herba Teh Celup Rosella dikemas dalam kantong teh celup sehingga kemasannya menjaga kesegaran dan kenikmatan rasanya. Diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar di Dinas Kesehatan sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Griya Herba Teh Celup Rosella sangat cocok bagi Anda yang tidak suka obat herbal dalam bentuk pil/kapsul. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.